Home Berita Pelatihan Manajemen Masjid Yayasan Adab Insan Mulia
Pelatihan Manajemen Masjid Yayasan Adab Insan Mulia

Pelatihan Manajemen Masjid Yayasan Adab Insan Mulia

0
0

Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Pelatihan Pengurusan Jenazah Berdasarkan Madzhab Imam Syafi’i dua pekan yang lalu, pada hari ini, Ahad, 27 Nopember 2016, Yayasan Adab Insan Mulia melalui salah satu Unit Amal Sekolah Manajemen Masjid (SMM) menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Masjid Angkatan I bertempat di Pesantren Nusantara, Tanah Baru, Beji, Depok.

Menurut Pembina Yayasan Adab Insan Mulia, Dr. Wido Supraha, pelatihan ditujukan agar hadir semakin banyak Masjid atau Musholla yang mampu menghadirkan pelayanan terbaik untuk jama’ahnya, sekaligus melahirkan banyak kontribusi positif untuk lingkungan sekitar pada khususnya.

“Semoga akan semakin banyak masjid atau mushola yang fungsinya lebih optimal ditengah masyarakat, bukan sebatas sebagai tempat sholat namun juga tempat kajian, tempat belajar atau kegiatan sosial,” katanya.
Tercatat hampir 100 peserta menghadiri kegiatan pelatihan ini dari berbagai wilayah seperti dari Depok bahkan dari Purwakarta.

Dalam keynote-speech-nya, Direktur SMM, Dr. Muhammad Yusro, menyampaikan bagaimana posisi Masjid harus dikembalikan sebagai pusat peradaban, karena masjid menjadi pusat koordinasi di antaranya di bidang pendidikan dan ekonomi. Dalam rencana yang beliau paparkan, SMM akan banyak memfokuskan kerjanya pada asistensi Masjid dan Musholla agar mampu mengembangkan aktifitasnya dalam bentuk program-program pelayanan yang dibutuhkan masyarakat dan sehingga perlu melibatkan jama’ah seluas-luasnya agar lahir semangat memiliki.

Bertindak sebagai pemateri utama dalam Pelatihan ini, Drs. H. Ahmad Yani dari Dewan Masjid Indonesia (DMI). Dalam paparannya selama 5 (lima) jam hingga sore, beliau menyampaikan tema-tema penting seputar pengelolaan masjid: Urgensi Masjid, Menyusun Program Masjid, Mengatasi Problematika Masjid dan Pelibatan Jama’ah.

Melihat antusiasme peserta yang ada, Ketua Yayasan Adab Insan Mulia, Reno Virlandana, SE., MM. merencanakan akan melanjutkan pelatihan sejenis dengan membuka Angkatan ke-II, selain bentuk-bentuk pelatihan yang telah disiapkan seperti Pelatihan Pembuatan Meme Dakwah Islami pada tanggal 18 Desember 2016.

SMM juga merencanakan menerbitkan buku Panduan Manajemen Masjid yang akan diterbitkan oleh Adab Press. Atas permintaan para peserta maka telah dibentuk grup komunikasi Paguyuban DKM se-Jawa Barat melalui aplikasi *Telegram Channel: @paguyubanmasjid.* (adabinsanmulia.org)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *