Institut AIMSekolah Adab Untuk Guru

Kesan dan Pesan Batch VI SAGU Level 01 2024

Sekolah Adab Untuk Guru

Alhamdulillah, Batch VI SAGU Level 01 2024 telah terselenggara sesuai rencana. Diselenggarakan khusus secara daring, hari Sabtu dan Ahad, 10 Agustus-22 September 2024, seluruh sesi diikuti oleh peserta dengan antusias. Murid yang eligibile diperkenankan mengikuti ujian sertifikasi pada hari Ahad, 22 September 2024.

A. Bagaimana kesan lengkap dan keseluruhan dari Batch 06 SAGU Level 01 ini, dan apakah hal yang paling menarik dari kegiatan SAGU ini?

Bagaimana kesan lengkap dan keseluruhan Bapak/Ibu dari keseluruhan konsep dan implementasi Sekolah Adab Untuk Guru Level 01 Batch 06 Apakah hal yang paling menarik dari kegiatan SAGU ini?
banyak insight yang saya dapatkan untuk bisa saya implementasikan di lembaga pendidikan saya. konsep yang dibawakan ust Dr. Wido mudah untuk dipahami dan implementasi yang dilakukan sekolahadab.id pun mudah untuk dipahami sehingga bisa kami contoh dan terapkan juga di lembaga pendidikan kami. konsep yang disampaikan merubah cara pandang saya terkait bahan ajar, mindset yang sangat penting untuk mengemban amanah murid. satu hal yang saya tercenung bahwa niat baik saja tidak cukup tetapi harus dengan proses yang benar (Dr Wido), inilah yang membuat saya termotivasi untuk semakin memperbaiki mendengarkan konsep yang disampaikan oleh Ust Wido. benar-benar membuat cara pandang saya berubah dan bisa melihat bahayanya kontaminasi peradaban barat. islam world view ini luar biasa insightnya
Ma sha Allah sungguh sesuatu yang baru saya dapatkan dengan keterbatasan waktu sebagai ibu yang memeiliki 2 todler Alhamdulillah bisa mengikuti keseluruhan dari pertemuan pengadaban Banyak materi baru yang kami dapatkan
Alhamdulillah materi yang di sampaikan sangat bermanfaat bagi lembaga kami , Alhamdulillh beberapa kegiatan yang ada di sekolah adab sudah di jalankan di lembaga kami dan ada beberapa yang masih baru untuk lembaga kami . melalui materi yang di sampaikan pemahaman kami terhadap pembelajaran islami lebih meningkat dan membuka lebar wawasan kami secara pribadi . ternyata masih banyak yang harus di perbaiki dan tidak ada kata terlambat utk memperbaiknyai . ke depannya bersama teman-teman kami yang mengikuti sagu o6 ini berusaha memperbaiki yang belum ada di lembaga kami , agar tujuan dari mendidik dan dakwah kami lebih baik lagi . Semua yang akan di sampaikan ke peserta didik ataupun wali murid lebih terencana dan jelas serta sistematis . Ada pembinaan yang bukan hanya dari keplaa sekolah saja , akan tetapi semua pihak baik itu yayasan terlibat dalam perencanaan kegiatan ataupun pembelajaran . ada kontrol dan evaluasi yang terprogram dan tertulis sehingga memudahkan semua pihak untuk menerapkkannya
MasyaAllah… sangat luar biasa. Saya mendapatkan ilmu dan menambah wawasan terkait pendidikan dan tantangannya di zaman ini. Mendapatkan gambaran langkah-langkah yang harus dilakukan untuk berkontribusi lebih banyak dalam pendidikan dengan amanah sebagai seorang guru. Minimal untuk kelas yang menjadi tanggungjawab saya. Yang paling menarik adalah bagaimana penerapan pendidikan di SAIM berbeda dengan pendidikan pada umumnya di negara kita. Hadir lebih awal mengoptimalkan keberkahan waktu.
Alhamdulillah dengan mengikuti kegiatan SAGU banyak sekali ilmu baru yang saya peroleh, saya bisa lebih menahan diri untuk tidak marah jika ada murid yang melakukan kesalahan. Bisa lebih menata hati, menciptakan suasana kelas yang nyaman, dan tercipta ketentraman di kelas, alhamdulillah dari ilmu yang saya dapatkan saya belajar untuk menerapkan dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Dari rangkaian kegiatan SAGU menurut saya menarik semua karena setiap sesinya banyak hal baru yang saya dapatkan, namun yang paling menarik yaitu di sesi penyusunan bahan ajar islami karena di sini kami di latih bagaimana menyusun bahan ajar islami sehingga pembelajaran tetap terarah, tidak mengikuti pembelajaran ke barat-baratan.
Kesan saya terhadap keseluruhan kegiatan adalah bahwa apa yg ang saya dapat dalam kegiatan ini sangat bermanfaat. Hal yang menarik dalam kegiatan sagu antara lain:
– konsep manusia,
– bahwa menyusun perangkat ajar yang islami sasi
– contoh riil menerapkan adab dalam sekolah adan yang dapat kami ( ATM) amati tiru dan modifikasi sesuai dengan kondisi kami
Bismillah,
Alhamdulillah wa innailllah, materi dr SA telah terkonsep dengan baik dan juga merupakan permasalahan kekinian dalam dunia pendidikan secara islami saat ini. Dari awal tahapan pengadaban, mengapa perlu, bagaimana caranya, hingga output apa yg direncanakan telah tertuang dengan jelas dan logis. Pemikiran-pemikiran islamisasi yg harus ditanamkan, bagaimana mengkonsep, bagaimana mengorganisir, hingga evaluasi, sudah disampaikan. Alhamdulillah tabarakallah.
Hal yg menarik adalah pengetahuan baru tentang ilmu barat atau westernisasi. Ini adalah sesuatu yg baru, yg ternyata kita tdk boleh menelan mentah-mentah pengetahuan itu. Apalagi sy berkecimpung di dunia pendidikan yg islami. Sy termotivasi untuk mulai islamisasi keilmuannya. Yg harus mengenalkan produk-produk Islamisasi nya. Hingga mengkaitkannya dengan tafakur dan tadabbur ayat-ayat qauliyah dan kauniyah.
Alhamdulillah. Sejak awal perjalanan panjang mencerna seluruh pemaparan 13 sesi SAGU, saya bersyukur bisa berkesempatan mengikuti proses ini dengan segala kelebihan dan kekurangan dari sisi saya pribadi. Berikut beberap kesan yang bisa saya bagi:
1. Seluruh sesi membantu saya mencerna proses implementasi dari tulisan-tulisan Syed Naquib Al Attas yang diterbitkan Tadib Internasional, buku2 syarah yang diterbitkan ISTAC, ataupun yang dibahas dalam SPI atau sesi-sesi INSIST.
2. Setidaknya mendapatkan pola implementasi realistis dalam ruang yang lebih aplikatif di SAIM. Sehingga memberikan ruang untuk pengembangan yang bisa dilakukan di kemudian hari.
3. Sejarah Pendidikan Islam sedemikian panjang, dan di Indonesia perlu di sebar luaskan untuk menghadirkan generasi muslim Ahlusunnah wal Jama’ah yang Rabbaniyyah, kaffah dan wasathiyah didalam ruang lingkup kemanusiaan sebagai insan kamil.
4. Mendapatkan gambaran sistematis bagaimana menghadirkan Ulil Albab secara “praktis” di tengah perkembangan zaman yang kian mendekati akhir.
5. Semoga Allah Ta’ala kuatkan bahu-bahu kita mengemban amanah memperbaiki wajah peradaban Islam dengan mewarnai proses pendidikan anak-anak murid kita.Barakallahu Fiikum Jami’an
Membuat ringkasan materi di Notion. Walaupun sudah cukup lama berinteraksi dengan Notion, namun kali ini lebih berkesempatan mengeksplorasi fungsionalnya untuk membantu produktifitas saya dalam belajar.
Alhamdulillah dengan mengikuti SAGU ini membuka wawasan terkait adab dan keislaman Worldview Islam, karena itu adalah sesuatu yang benar-benar baru yang membuka pemikiran saya sebagai orang Islam
Alhamdulillah saya semakin memahami konsep dan pentingnya implementasi adab dalam lembaga pendidikan pemyampaian materi cukup jelas
Alhamdulillah setelah mengikuti SAGU mindset saya berubah tentang pendidikan islam. Di SAGU dipaparkan mengenai pendidikan islam yang dimualai dari islamic world view dan juga teknisnya lengkap sampai pada islamisasi bahan ajar. yang mana hal ini jarang dilaksanakan oleh yayasan pendidikan islam lain yg masih menggunakan bahan ajar yang bisa jadi terpapar liberalisme. Dari kegiatan SAGU ini memaksa murid SAGU untuk membuat resume materi. Hal ini melatih tanggung jawab murid. Selain itu, materinya juga logis sudah ada contoh penerapannya yaitu di Sekolah Adab Insan Mulia.
Masyaa Allah luar biasa,,saya merasa bersyukur sekali, Alhamdulillah dengan izin Allah bisa tergabung dalam majelis ilmu SAGU yang mana rasanya Sabtu-Ahad selama 2 bulan ini begitu dinanti. Banyak sekali ilmu dan inspirasi yang dapat diambil untuk diimplementasikan di sekolah kami. Mulai dari orientasi output lulusan seperti apa yang ingin dihasilkan, worldview terkait pendidikan dan islamisasi ilmu, dan cara mengelola tim. Proses diskusi ilmu dan sharing implementasi dari sekolah-sekolah.
Alhamdulillah, nikmat ilmu yang diberikan Allah selama 2 bulan dapat belajar bersama di kegiatan SAGU. Kegiatan ini menjadi proses booster bagi kami untuk terus menjadi guru yang dapat membersamai murid dalam pengadaban. Sepanjang menjadi guru pelatihan materi pengadaban belum ada lembaga yang mau berbagi semoga SAGU diberikan Allah kekuatan untuk mengajak guru melakukan pengadaban. Proses belajar yang meningkatkan kedisiplinan dalam pengumpulan tugas
Such a great curiosity turn into great insicurity of me for being one of the most lucky beginner teacher in century. Seakan mendapati sebuah solusi hebat dari segala permasalahan, akar dari segala akibat, dan muhasabah yang berkelanjutan dalam sebuah ekosistem aktivitas pendidikan dasar. Teori dari tokoh-tokoh ternama dan dalil yang kuat atas segala topik pembahasan
Sekolah adab melewati para muaddib mendidik dan mengarahkan calon generasi Bangsa mampu melahirkan generasi Muslim kaffah yang interpreunership, bukan sekedar menjadi tenaga kerja atau bahkan menjadi budak Negara asing di negeri sendiri.

(Jawaban ini berdasarkan catatan saya di sesi pertama; yang menurut saya sangat mengetuk hati untuk harus diwujudkan).

Bismillah wal hamdulillah banyak ilmu yang saya dapati, terutama pesan-pesan; dalam hal penguatan akidah, perbaikan niat dalam segala amal, perbaikan ibadah untuk untuk selalu ditanamkan pada diri pribadi, keluarga dan murid.
Hal menarik lain adalah semua yang disampaikan dari sagu adalah sangat ilmiyah dan pasti berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah.
MasyaAllah, tabarakallah, jazaakumullah khair kepada para ustadz dan ustadzah atas kesempatan belajar dan ilmu-ilmu yang diberikan. Dengan mengikuti Sekolah Adab untuk Guru ini membuka mata dan juga memberikan semangat yang luar biasa bagi saya pribadi untuk terus memperbaiki diri dan belajar karena ketika kita memutuskan berada di dunia pendidikan adalah suatu yang mulia, membangun peradaban, tidak bisa dilakukan dengan biasa-biasa saja harus memiliki visi, misi, dan tujuan yang besar dan mulia Materi-materi yang menarik, terutama implementasi pengadaban yang dilakukan di sekolah adab. Ingin mengetahui lebih dalam dan melihat secara langsung penerapan SOP yang proses kegiatan di sekolah adab
Dari keseluruhan konsep dan implementasi Sekolah adab untuk guru sangat berkesanb dan Alhamdulillah sudah ada hal seperti ini di Indonesia semoga bisa membawa keberkahan dan bisa menjadi pemicu awal kebangkitan Islam, bermula dari pembenahan dari sisi pendidikan. Yang InsyaAllah ini akan bisa merubah peradaban pada masa yang akan datang Sekolah merupakan pendidikan yang mengajarkan Al quran, jadi pendidikan Al quran yang harus menjadi sumber utama dalam semua materi dari pendidikan. Dimana sekarang ini hal itu tidak pernah dilakukan ataupun disadari oleh sebagian besar masyarakat
Alhamdulillaah konsep yang sangat komplit dan detail, belum pernah kami jumpai di lembaga lain Alhamdulillah semua menarik utamanya dalam mengedukasi para murid,
Secara pribadi, saya sangat bisa mengontrol rasa amarah kepada murid saya. Setiap permasalahan yang ada, saya selalu mencari cara bagaimana respon pertama kali saya adalah tidak marah. Secara keseluruhan dari kegiatan SAGU ini, saya bersyukur dapat mengikuti. Sudah saya lakukan di tempat saya mengajar, untuk berbagi ilmu dan pandangan serta memantapkan pemikiran bahwa guru harus menjadi seorang pejuang. Hal yang menarik bagi saya harus membuat resume, kemudian menjawab pertanyaan terkait motivasi apa yang sudah didapatkan pada setiap pertemuannya.
Sangat berkesan memberikan pencerahan tentang Bagaimana menjadi guru terbaik .
Tujuan menjadi guru ,Bagaimana peradaban dilaksanakan dalam KBM di sekolah adab ,penjelasan tentang kenapa kita harus berjuang untuk peradaban .
Ada satu hal yang menarik yang pernah disampaikan tentang implementasi di sekolah adab terkait dengan Disiplin keberangkatan sekolah yang menurut saya sangat luar biasa ,dimana di sekolah sekolah seperti saya pun masuk jam 07.00
masih banyak anak anak yang terlambat .
disekolah adab berani dan tampil di depan masuk sekolah lebih awal .
menurut saya ini membutuhkan effort luar biasa dari guru ,murid dan siswanya
Secara umum materi yang disampaikan sangat menarik .
apalagi dengan adanya penugasan membuat 3point penting yang telah diikuti 3Motivasi baru dan kesimpulan serta mengirim dengan Notion ini sesuatu yang menarik .
Alhamdulillah banyak hal yang baru yang saya peroleh dari SAGU 06 ini, teori dan pengetahuan tentang keislaman sebelumnya tidak saya pahami, seperti masalah adab dan akhlaq itu ternyata tidak sama, masing-masing memiliki arti, bahwa akhlaq adalah buah dari adab. peradaban Islam adalah peradaban yag terbaik, dan ketika peradaban lain menguasai dunia, makan dunia banyak mengalami kerusakan. Hal yang menarik adalah sekolah ini dilaksanakan pada malam hari untuk yang hari Sabtu, terus terang saja, kami kadang menahan kantuk selama pengadaban, tetapi ada ilmu yang diberikan oleh Dr. Ir. Fatah Nurdin, dimana beliau menyampaikan tentang bagaimana supaya kita bugar dan tidak mudah lelah, yaitu dengan memperbanyak oksigen dalam tubuh kita, yaitu dengan berolahraga minimal 2 hari sekali
MasyaaAllah benar-benar ilmu yang menggugah kami sebagai seorang guru yang ingin mengejar gelar robbani, yang ingin mengimplementasikan ilmu yang telah kami dapat selama mengikuti pengadapan di lembaga kami. sehingga lembaga kami menjadi lembaga yang dapat melahirkan generasi qur’ani yang beradab dan berakhlaq mulia. dan tentunya agar menjadi pendidik terbaik, mulia, fokus dengan tujuan besar kami yaitu menjadi seorang Muaddib. Pemateri dan materi yang luar biasa menarik yang ingin kami kembangkan di lembaga kami, ilmu yang sebelumnya mungkin belum banyak kami ketahui dan menambah wawasan saya tentang keislaman terutama.
Pertama saya mau mengucapkan terimakasih sudah mengadakan program sekolah adab untuk guru ini. Program yang sangat baik sekali karena membuka dan mencerahkan pikiran dan pengetahuan saya terkait program pengadaban dan bagaimana seharusnya sekolah Islam dilaksanakan.
Sebelum mengikuti program ini sekolah kami sudah membaca beberapa program dari sekolah adab di website dan melakukan ATM di beberapa hal terutama di bagian pengadaban. Ketua Yayasan kami juga sudah mengikuti program ini angkatan 1 dan agar kami sebagai muaddib juga lebih meresap dan memahami konsep sekolah adab ini, kami akhirnya mengikuti program ini.
Konsep SAGU ini sangat baik dan tersusun dengan tahapan yang baik. Dimulai dari pengetahuan awal tentang adab, ilmu, pendidikan dan tantangannya, bagaimana seharusnya sikap, karakter, dan profil seorang muaddib, kemudian cara/tahapan implementasi di sekolah. Sehingga peserta dapat mencoba menerapkan di tempat mengajar dengan mudah.
Beberapa hal yang sudah saya coba implementasikan di sekolah baik sebelum atau ketika mengikuti SAGU ini adalah adanya materi-materi pengadaban, mutabaah/ceklis pembiasaan baik murid (di sekolah dan di rumah), mutabaah guru, Islamic Worldview dalam materi pelajaran, kegiatan salamatus sadr sebelum kepulangan, dan cara mendampingi murid dengan lebih lembut.
Yang mungkin masih sulit diterapkan saat ini adalah pembuatan buku sendiri (tidak menggunakan buku umum), karena ini membutuhkan waktu yang cukup banyak. Untuk sementara di sekolah kami selalu menyisipkan/memasukkan sumber Islam/pandangan Islam/Al-Qur’an/hadist dalam setiap media ajar yang dibuat (PPT dan worksheet) dan juga ketika penyampaian materi. Misalnya ketika mengajarkan tentang tumbuhan, dimasukkan ayat Al-Qur’an dan penjelasan tentang siapa pencipta tumbuhan dan mengapa Allah Swt. menciptakan tumbuhan sehingga murid dapat memahami sisi sains dalam pandangan Islam.
Semoga ada program kunjungan ke Sekolah Adab agar kami dapat melihat langsung proses yang dilakukan sehingga memiliki gambaran utuh tentang penerapannya.
Semoga Allah Swt. selalu memberikan kesehatan dan keberkahan kepada para Ustadz dan Ustadzah di sekolah adab sehingga dapat lebih menyebarkan ilmu kepada para muaddib agar dapat membentuk generasi Islam yang beradab.
Hal yang paling menarik dari kegiatan SAGU ini adalah Sekolah Adab tidak pelit untuk memberikan detail kegiatan dan program yang dilakukan di sekolah. Biasanya sekolah itu akan menyembunyikan hal baik yang mereka miliki agar tidak ditiru dan hanya menjadi ciri khasnya. Namun dengan progam SAGU ini siapapun dapat meniru dan diizinkan mengaplikasikan di sekolah masing-masing. Sehingga semua sekolah berkesempatan untuk menjadi baik bersama dan bersama-sama membentuk lingkungan sekolah yang baik.
Alhamdulillah dari keseluruhan konsep dan implementasi Sekolah Adab Untuk Guru sangat bermanfaat bagi saya, semoga menjadi amal jariyah untuk Ustadz dan Ustadzah yang telah banyak berbagi ilmu kepada kami. Banyak ilmu baru yang membuat wawasan saya terbuka dan menyadari masih banyak ilmu yang harus saya pelajari supaya menjadi muaddib yang mendapatkan ridha Allah. Yang menarik bagi saya adalah wawasan saya menjadi bertambah dan saya menjadi termotivasi untuk lebih mendalami Al-Qur’an untuk menjadi muaddib yang sebenar-benarnya karena latar belakang saya sekolah umum dan saya merasa sangat kurang pemahaman tentang Islam. Banyak PR yang harus saya kerjakan untuk bisa menjadi muaddib yang sebenarnya.
Kesan yang saya dapat mengikuti kegiatan ini adalah
1. Sangat menambah wawasan bagaimana cara mnegimplementasikan adab, islamic word view agar murid menjadi lebih baik lagi dan yang paling utama mengetahui tujuan kita menjadi seorang guru adalah untuk mendapatkan gelar Rabbani.
2. Meningkatkan motivasi saya pribadai untuk selalu dekat dengan Allah khususnya membaca Al-Qur’an setiap hari agar tidak ada yang ditinggalkan agar bisa berdampak baik untuk keluarga dan murid di sekolah
Yang paling menarik adalah ketika pematerinya Ustadz Wido maka sebelumnya harus mengulang materi terlebih dahulu karena malu kalau ditanya tidak bisa.
Jazakumullah khayran saya ucapkan kepada Sokolah Adab yang telah memberikan kesempatan kembali kepada saya untuk mengikuti SAGU 06 ini.

Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimushsholihaat banyak ilmu baru yang saya dapat di SAGU 06 ini.

● pemateri yang ahli dibidangnya
● adanya kesempatan untuk ikut ujian kembali bagi murid yang tidak lulus pada kelas sebelumnya
● pelaksanaan SAGU yang fleksibel (online ataupun offline) sehingga banyak dari luar daerah maupun luar negeri yang dapat ikut kegiatan ini.
Alhamdulillah dengan adanya konsep dan implementasi sekolah adab banyak hal baru yang saya dapatkan baik dalam pengadaban maupun dalam pembelajaran dan Alhamdulillah secara bertahap saya sudah mencoba menerapkan apa yang saya dapatkan dari SAGU seperti tadabbur Al-Qur’an yg tadinya km hanya membaca tetapi mulai pekan ini km sudah mulai mencoba tadabbur baik saat kegiatan brifing maupun saat pembelajaran,selain itu km juga sudah mulai melakukan evaluasi secara rutin setiap selesai siang hari setelah pembelajaran. Yang paling menarik adalah bahwa saya memahami bahwa dalam pendidikan ini bukan sekedar meraih tafaqufiddin tapi juga iqomatuddin disini menumbuhkan kesadaran bagi diri saya untuk bersemangat berjuang dibidang pendidikan.
Apa yang memotivasi memilih menjadi seorang muaddib sangat memacu semangat dan motivasi untuk benar benar menjadi pejuang untuk membentuk peradaban. Melahirkan generasi Qur’ani yang siap mengikuti perkembangan zaman nya dan tetap teguh dalam pendirian sebagian seorang muslim.
Seorang muaddib harus benar benar memahami tantangan pendidikan saat ini dan harus berani Berubah mindsetnya nya.Apapun kelak yang terjadi semua berawal bersumber dan bermuara pada Al Qur’an
Membuat pribadi saya tertampar dan semangat untuk memperbaiki diri untuk menjadi seorang muaddibah. Segera memantaskan diri untuk menjadi seorang pejuang . Hal atau kebaikan yang sudah dilakukan dan sesuai standart sebagai muaddib/ah harus dijaga konsistensi atau Istiqomah mengamalkannya
Alhamdulillah banyak hal yang sebelumnya tidak saya pahami jadi paham, terutama masalah bedanya adab dan akhlaq yang ternyata tidak sama. Akhlaq adalah buah dari adab. kegiatan ini dilaksanakan pada malam hari, terus terang saja saya menahan kantuk. tetapi ada hal menarik yang disampaikan Dr.Ir. Fatah Nurdin, MM yang menyampaikan agar kita bugar dan tidak mudah lelah seharusnya kita memperbanyak Oksigen dalam tubuh yaitu dengan berolahraga minimal 2 hari sekali

B. Jelaskan mengapa Bapak/Ibu merekomendasikan kegiatan SAGU Level 01, dan apa masukan untuk pelaksanaan SAGU Batch berikutnya?

Apakah Bapak/Ibu merekomendasikan kegiatan seperti ini untuk diikuti oleh para guru maupun masyarakat umum? Jelaskan alasannya. Tuliskan masukan Bapak/Ibu untuk perbaikan SAGU di masa mendatang, dan materi apa yang perlu diperdalam kemudian pada level selanjutnya?
saya wajibkan guru-guru sekolah alam untuk wajib mengikuti sekolah adab batch 7. agar kami memiliki visi misi yang sama materi yang dibawakan oleh ust Wido menurut saya benar-benar sangat banyak mengandung insight dan membuka cara pandang. islam world view diperdalam
Iya kami merekomendasikan kegiatan ini untuk diikuti para guru InshaAllah apa yang sudah disampaikan lebih dari cukup
iya , karena pendidikan tidak hanya pada guru saja akan tetpai menjadi tanggung jawab bersama antara pihak sekolah , pihak wali murid , pihak yayasan serta masyarakat sekitar terkait waktu pelaksanaan workshop tidak dijam malam , bisa di jam sore atau siang .
materi yang perlu di tambah /di perdalam adalah pengembangan bahan ajar islami , kurikulum nabawiyah serta konsep manusia di dalam islam
ya. Karena pemahaman tentang keislaman terkhusus pada guru dan orangtua sebagai suri tauladan anak-anak di usai dasar pendidikan mereka sangat penting. Masukan:
Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan materi, bisa lebih sederhana. Disampaikan pelan-pelan. Karena keterbatasan saya dalam menerima, menganalisis informasi yang lambat.
Materi yang perlu diperdalam ruh muaddib, kurikulum Nabawiyah dan takdib menuju peradaban.
iya karena kegiatan seperti ini sangat baik untuk menambah ilmu tentang pengadaban melihat jaman sekarang semakin banyak tantangan lebih baik di laksanakan tidak terlalu malam, materi tentang konsep manusia
Saya akan merekomendasikan ke rekan guru, karena dengan mengikuti kegiatan ini, kita akan menyadari bahwa sebagai seorang guru kita adalah pejuang untuk membentuk peradaban dengan menanamkan adab ke murid. Untuk kedepannya, waktu untuk pengadaban untuk muadib tidak malam (sebelum magrib sudah selesai)
Sangat merekomendasikannya. Alasannya adalah karena, dengan mengikuti SAGU, mereka insyaallah akan lebih memahami, bagaimana seorang muaddib itu harus menjadi tauladan. Selanjutnya, bagaimana caranya dan lain sebaginya, maka jawabannya adalah mengikuti SAGU. Insyaallah akan membantu mereka menjadi Muaddib impian. Saya adalah seorang yg minim literasi sehingga sy kesulitan memahami pembahasan dengan bentuk perumpamaan, analogi, dan contoh-contoh yg perlu pemikiran mendalam. Betul kata ustadz, tingkat literasi dan tingkat nalar itu menentukan keberhasilan kita. Sy menganggap bahasa dr SAGU terlalu tinggi. Terlalu cepat untuk kita pahami hanya dengan 1 pertemuan tiap materi nya. Tapi sy sadar diri, ini Krn saya minim literasi dan juga ruh yg belum optimal setiap mengikuti SESI SAGU. Materi yg perlu diperdalam adalah tentang ilmu, amal, dan adab. Sy tidak bisa langsung paham untuk istilah ini. Setiap kali ditanya, sy harus searching untuk memastikan kembali makna dari ilmu, adab, dan amal. Terutama pengertian tentang ADAB.
InsyaAllah Strongly Recommended. Membantu percepatan mindshifting dari Conventional Education Mindset into Progressive Islamic Mindset. Bahkan sesi-sesi di SAGU cukup kuat untuk mendorong semua pesertanya mengalami Mindset Development yang cukup signifikan. Terutama bilamana menyimak kembali seluruh file pdf yang diberikan dan menyimak file-file rekaman yang tersedia.

Untuk peserta yang terbiasa berfikir kritis dan menyukai cara berfikir out of the box, InsyaAllah sesi-sesi pemikiran dalam rangkaian SAGU sangat nikmat dan lezat bagi otak dan jiwa.

Memperkaya referensi dan rujukan saat pembahasan, khususnya di saat Pendidikan Islam di Indonesia tidak lagi hanya berinteraksi dengan Sistem Pendidikan Nasiona, namun juga dipaksa bersaing dengan Konsep-Konsep Pendidikan Lintas Bangsa seperti Insternational Baccalaureate yang kian mendapat tempat di dunia karena mewadahi kreatifitas dan sangat mendekati konsep pendidikan Islam ala Madrasah An Nizhamiyah, atau Cambridge International Assessment yang kian berkembang mendekati konsep yang dikembangkan oleh IB, atau Sistem dari Pearson, Singaporean Education System, American Montessori dll.

Dengan rujukan serta bahan bacaan yang semakin kaya, maka proses pengembangan untuk mendekati idealisme Tadib sebagaimana yang hidup di zaman Rasulullah SAW dan di interpretasikan oleh Imam Abu Hamid Al Ghazali atau Syed Naquib Al Attas akan semakin menemukan momentumnya di zaman sekarang.

iya, karena kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga akan membawa lebih banyak lagi kemanfaatan jika diikuti oleh banyak orang materi worldview Islam
Ya. Dan YPI Baiz kembali mengirimkan tenaga pengajarnya untuk mengikuti kegiatan ini Lebih pada kurikulum yang dapat kami terapkan di daerah dengan jumlah murid yang banyak
Iya, saya merekomendasikan untuk teman2 saya guru. Tujuannya agar pandangan (POV) mereka tentang pendidikan islam berubah ke arah yang benar dan merdeka. Selain itu juga sebagai jalan dakwah. Izin kalau bisa jam belajar malamnya bisa diringankan. Kemudian masukan adanya lembar mutaah yaumiah untuk murid sagu.
Iya, karena program ini sangat bagus. Membuka pandangan kita sebagai hamba Allah, terutama yang diamanahkan sebagai guru juga orang tua. Bagaimana cara kita mendidik anak agar menjadi khalifah fil ardhi. Islamic Worldview dan cara melakukan islamisasi ilmu
Sangat merekomendasikan karena kegiatan ini memberikan banyak penguatan dan pemahaman akan pentingnya pengadaban. Tidak itu saja, namun kegaitan ini memberikan contoh aplikatif yang sangat menginspirasi para guru yang mengikuti kegiatan SAGU Masukan: Sejauh ini, jadwal belajar sudah sesuai karena membutuhkan konsentrasi
Materi: Perkembangan Psikologis Anak secara Islami
Ya. Karena tantangan pendidikan tidak hanya akan dihadapi oleh saya. Pendidikan murid yang 24 jam tanpa henti perlu menemukan penanganan home-schoolling, schooll schoolling, dan envirement schoolling yang tepat sesuai petunjuk Al Quran. Sehingga terciptanya generasi khalifatun ardhi yang diharapkan. perlu diperiksa kepahaman murid disetiap topik pembahasan lewat dialog.
Materi tentang penaganan murid dan orangtua secara psikologis sampai kepada cara bicara , kata, dan atau kalimat standar yang sebaiknya ditekuni guru untuk dilaksanakan dalam proses pengadaban
Sangat setuju dan merekomendasikan. Saya kira sekolah adab sangat baik untuk menjadi wasilah penguat dalam mempraktikkan keilmuan dan amal. Terkait waktu untuk tidak dilaksanakan pada malam hari, mungkin bisa dijadwalkan pagi dan sore hari. (Menurut pengalaman pribadi karena siang kerja jadi terkadang malam sudah lelah dan ngantuk).
Terkait materi kiranya penting untuk disampaikan penjelasan fikhiyah yang lebih detil. (Menurut saya; banyak guru yang secara implementasi ibadahnya masih taklid dan belum pada level muttabi’).
Ya, karena berharap semakin banyak orang yang tercerahkan dengan kondisi di negeri kita yang tidak dalam kondisi baik-baik saja, sehingga bisa memiliki semangat yang sama terbangun amal jama’i untuk menciptakan pribadi-pribadi dan generasi yang beradab. Untuk materi di malam hari lebih ke tanya jawab untuk mengantisipasi kantuk.
Materi yang perlu diperdalam : cara menyusun SOP-SOP yang rinci dan detail, dan cara supervisi guru juga rapor guru
Iya, agar pendidikan di seluruh kehidupan manusia menjadi benar dan memang yang seharusnya, yaitu pendidikan Al’quran Tidak semua peserta mempunyai daya serap yang bagus, termasuk saya, jadi penyampaian materi agak pelan- pelan dan bahasa nya yang mudah dicerna , terutama untuk yang seperti saya ini, sudah mengikuti pelatihan 2 kali belum bisa memahami dan mencerna semuabahan materi dengan baik.
sangat merekomendasikan untuk di ikuti semua guru utamanya orangtua ada tambahan materi dan bahan ajar untuk PAUD
Sangat merekomendasikan, karena kemunduran kualitas pendidikan Indonesia hari ini dan banyaknya muatan pelajaran dari pemikiran dunia Barat yang tidak sesuai untuk mendidik menjadi generasi rabbani. Menurut saya, untuk waktu pada hari Sabtu dapat dimulai pada sore hari juga. Terkait materi bagi saya cukup.
Merekomendasikan sekali agar guru guru di Indonesia menjadikan dirinya sebagai guru pejuang bukan hanya karena rupiah .
hal ini akan berdampak pada kebaikan siswa siswinya .
yang kita tahu Negara indonesia mayoritas Penduduknya muslim ,Sekolah islam banyak di masyararakat namun.kita sadari apakah sudah islami sekolah sekolah islam yang ada ?
Apakah bersumber dari Al – Quran dalam pembelajaranya ?
Apakah Al -Quran yang ada ditadaburu oleh guru dan siswa sehingga dapat meningkatkan kecerdasan Nalariah anak yang termasuk dalam tujuan pendidikan di Indonesia mencerdaslan bangsa ?
Apakah Ilmu Sains yaang ada sudah terislamisasilan ?
dengan Dalil dalil dan tokoh tokoh yang ada dalam islam ?
karena guru dan masyarakat sangat penting mengikuti kegiatan ini agar memiliki pandangan yang sama tentang Sekolah islam .
Materi materi yang sudah disampaikam sesuai dengan Tujuan.namun pemateri dalam menyampikannya kadang terlalu cepat menyampaikannya sehingga kadang kita ngantuk apalagi kalau malam .
Lebih bersemangat lagi apabila sebelum materi ada petugas dari murid untuk ice breaking atau petugas doa.
mohon untuk dapat menjalin silahturohmi murid sagu diberikan kesempatan berkenalan terlebih dahulu apalagi peserta datang dari berbagai daerah ini sangat menarik untuk saling mengenal
Kegiatan ini sangat bagus untuk semua umat muslim agar menyadari bahwa dunia pendidikan kita tidak sedang baik-baik saja, banyak permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan kita Masukan dari saya, karena saya seorang guru, untuk menerapkan adab dalam proses pembelajaran maka yang kami perlukan adalah modul ajar yang sesuai. Bagaimana menyusun modul ajar yang sesuai dan buku-buku apa yang sesuai, karena kami di daerah kadang untuk mencari buku agak sulit, toko buku yang ada kurang lengkap.
saya sangat merekomendasikan sekali karena ilmu di sekolah adab ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang mempunyai ruh islami yaitu sekolah islami (sekolah qur’ani, sekolah adabi) waktu bisa di lain hari sabtu dan minggu, materi adab untuk PAUD lebih diperbanyak
Ya, insyaAllah akan merekomendasikan karena memang banyak hal/ilmu yang didapatkan dari mengikuti program ini. Dan agar sama-sama kita bisa menjadi seorang muaddib dan sekolah yang dapat membentuk generasi Islam yang beradab dan menjadi Insanul kamil. Untuk masukkan mungkin bisa diadakan kunjungan ke sekolah adab agar dapat melihat langsung prosesnya. Kemudian lebih mendalam dalam materi tentang cara/tahapan memulai membuat bahan ajar jika sudah terlanjur menggunakan buku umum sementara sekolah sudah berjalan. Terimakasih
Iya. Supaya guru dan masyarakat umum juga memahami tentang pentingnya adab serta implementasinya dalam kahidupan sehari-hari. Guru bisa mendidik muridnya dengan baik sesuai Al-Quran dan As Sunnah, masyarakat umum juga dapat menerapkan adab sesuai Al-Quran dalam mendidik anak-anaknya sehingga kelak didapatkan sinergi positif antara guru dan masyarakat (orang tua) dalam menyiapkan generasi yang Qur’ani Materi yang perlu diperdalam menurut saya manajemen diri supaya menjadi muaddib yang bisa menaklukan diri sendiri sebelum menasehati murid, jadi apa yang kita lakukan bisa menjadi contoh yang baik buat murid
Iya saya merekomendasikan.
Alasannya jika kita dalam satu sekolah memiliki cara berpikir yang sama untuk menerapkan adab di sekolah maka sekolah itu akan jauh lebih baik
Waktu yang diberikan tidak malam hari khususnya malam ahad karena waktunya bersama keluarga, sehingga selama ada sekolah SAGU malam ahadnya tidak bisa bersama keluarga, waktu yang lebih efektif di sore hari dan waktunya Senin-Sabtu.

Materi yang diperdalam lagi adalah terkait dengan islamic Word View

Iya, karena banyak ilmu dan juga manfaat yang didapat. Bahkan saya merekomendasikan sekolah adab untuk teman-teman saya yang sedang mencari sekolah dasar. ● Lebih terperinci lagi mengenai materi adab-adab yang akan diajarkan ke anak-anak.
● Praktek membuat bahan ajar yang islami dan juga membuat materi² yang diislamisasikan seperti buku²nya. Karena jujur saja saya masih butuh belajar untuk mengaplikasikannya di sekolah tempat saya mengajar.
Merekomendasikan untuk guru terutama agar memiliki pemahaman yang sama sehingga bisa maksimal dalam menerapkan pendidikan islamisasi. Mungkin yang perlu diperbaiki adalah dalam penetapan waktu pelaksanaannya kalaw bisa pada siang hari,materi yang perlu diperdalam lagi tentang kurikulum khususnya untuk TK
Iya sangat penting. Karena untuk mewujudkan generasi berperadaban perlu penyamaan persepsi visi dan misi. Dalam rangka ikhtiar tersebutlah kegiatan SAGU sangat berpeluang besar membawa pencerahan dan motivasi luar biasa untuk mulai menata diri pribadi, lembaga dan pada akhirnya menjadi amal Jama’i.Sehingga impian menjadikan manusia/murid sebagai generasi yang beradab. * Kegiatan SAGU sangat bagus , untuk waktu pelaksanaan nya yang sebisa mungkin dihari efektif setelah pembelajaran di sekolah. Sehingga ketika sudah dirumah bisa fokus menerapkan adab di keluarga.
* Materi standart sebagai muaddib muaddibah perlu didetailkan dannada control bersama.
Kegiatan ini sangat positif agar umat muslim dapat mempelajari Islam dan menerapkan wordlview of Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga harapan kita peradaban Islam akan kembali berjaya seperti berabad-abad yang lalu. Karena saya sebagai guru sangat membutuhkan bagaimana menyusun modul ajar sesuai dengan sekolah adab dan juga memerlukan buku-buku yang sesuai, karena di kota kami tidak banyak toko buku yang lengkap

Semoga Allah SWT menjadikan ilmu yang diterima bermanfaat dan berkah dalam pengertian menumbuhkan lebih banyak kebaikan.


Institut Adab Insan Mulia

▫️ Web: AdabInsanMulia.org
▫️ Telegram: t.me/sekolahadab
▫️ FB: facebook.com/adabinsanmulia
▫️ IG: instagram.com/adabinsanmulia
▫️ Twitter: twitter.com/adabinsanmulia
▫️ YouTube: www.youtube.com/AdabTVOnline
▫️ WA: https://chat.whatsapp.com/LELTACMjFab7bZm5igQoCB

Admin: wa.me/6287726541098

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
× How can I help you?