Pre-Test SARAT Sesi 05 T.A. 2024/2025
Sekolah Adab Untuk Orang Tua
Ahad (11/11/2024), Institut Adab Insan Mulia menyelenggarakan Sesi 05 Sekolah Adab Untuk Orang Tua (SARAT) T.A. 2024/2025. Seluruh Wali Murid hadir pukul 06.45 WIB dengan Dress-Code yang ditetapkan yakni bagi para Ayah mengenakan Peci Hitam dan Koko Putih. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Nurussalam Beji, Depok.
Beberapa wali murid tampak sudah hadir pukul 06.30 WIB, dan kemudian sembari menunggu kegiatan dimulai, sebagian ayah terlebih dahulu berolah raga pagi. Tepat pukul 06.45 WIB, seluruh Wali Murid mengikuti Pre-Test melalui Google Form. Pertanyaan yang diajukan adalah:
- Apakah yang Ayah/Bunda pahami sebagai bullying?
- Apakah makna adab yang dipahami oleh SekolahAdab.ID?
- Kepada siapakah sanad keilmuan adab yang digunakan oleh SekolahAdab.ID?
- Apakah budaya positif yang dikembangkan SekolahAdab.ID yang seharusnya juga ada di setiap sekolah di Indonesia?
- Apakah metode efektif yang digunakan SekolahAdab.ID yang berkontribusi positif bagi pertumbuhan baik ada dari Ananda?
Berikut ini jawaban dari Wali Murid yang diterima:
Part 01:
Pertanyaan ini bertujuan untuk menjajaki pemahaman wali murid tentang bullying sebelum materi disampaikan. Pertanyaan juga bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman Wali Murid atas konsep adab yang dikembangkan oleh SekolahAdab.ID.
Pertanyaan 01: Apakah yang Ayah/Bunda pahami sebagai bullying? | Pertanyaan 02: Apakah makna adab yang dipahami oleh SekolahAdab.ID? | Pertanyaan 03: Kepada siapakah sanad keilmuan adab yang digunakan oleh SekolahAdab.ID? |
Perilaku merendahkan, menyakiti orang lain dengan sadar | Disiplinnya pola pikir, jiwa dan raga | Muhammad Naqieb Al Atthos |
Segala bentuk upaya untuk merendahkan atau menyakiti secara verbal maupun fisik. | Disiplin Akal, Jiwa, dan Fisik | Syed Nauqib Al Attas |
Aksi kekerasan fisik dan psikis | Pembiasaan dalam kedisiplinan; | Syech Nasqib Alatas |
Bullying adalah perbuatan meremehkan dan merasa lebih hebat dengan tindakan mulai dari kekerasan fisik, celaan, penekanan dan pemaksaan | Adab adalah tegaknya kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Segala bentuk upaya untuk merendahkan atau menyakiti orang lain baik secara fisik maupun verbal | Disiplin akal,jiwa dan fisik | Syekh Naqib Alatas |
Bullying adalah suatu perbuatan yang membuat org lain menjadi trauma | Tata Krama , disiplin yang berlandaskan pada Al Quran dan Sunah | – |
Sekelompok anak/orang yg melakukan ujaran kebencian terhadap seseorang atau keolompok lainnya secara berkali kali | Kedisiplinan akal, jiwa, jasad | Muhammad Latif Alatas |
Tindakan yang dilakukan secara sengaja dan berulang dengan tujuan untuk menyakiti, merendahkan atau mendominasi orang lain | Disiplin Akal, Jiwa dan Jasad | Syaikh Muhammad Naqib Al-Atas |
tindakan merendahkan orang lain | disiplin 3 unsur manusia yaitu jasad, jiwa dan akal | syaikh naquib al-atthas |
Melakukan kekerasan baik secara fisik maupun verbal kepada orang lain | Disiplin dalam 3 unsur dasar manusia, disiplin akal, jiwa, dan jasad. (mind, body, and soul) | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Perbuatan yg membuat orang tidak nyaman secara terus menerus yg menyebabkan korban tidak dapat bangkit dengan sendirinya | Disiplin dalam menjalankan perintah Allah | N. Al Attas |
Tindakan menyakiti merendahkan orang lain secara fisik atau lisan | Disiplin dlm akal jiwa jasad | Syeikh Mohamad Naqieb Al Atas |
Suatu tindakan yg menyakiti anak baik scr fisik, psikis atau mental | Disiplin | M Al Attas |
Tindaakan perilaku yang tidak menyenangkan kepada orang lain | Disiplin akal pikiran jasadnya | Syeh nakib |
Bentuk tekanan kepada teman lain | Tingkah laku yang sesuai dengan islam | – |
Tindakan perundungan baik fisik atau verbal | Adab=peradaban mind, body and soul | Al Attas |
Perilaku mengolok-ngolok secara verbal/nonverbal yang dapat menggangu psikis/non psikis | Disiplin | Syeid Naquib Al-Attas |
Tindakan tercela yg dilakukan lawan untuk menyudutkan/menghinakan di khalayak umum | Adab adalah disiplin akal, jasad dan ruh | Sayed Naqib Al Attas |
Bullying adalah perilaku/tindakan yg dilakukan secara berulang ulang dengan tujuan untuk menyakiti, merendahkan dan mendominasi orang lain baik secara fisik ataupun verbal. | Adab adalah pembiasaan dalam kedisipilnan (holistik, meliputi akal jiawa jasad) bahagia memilih tindakan yang benar | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Tindak kekerasan | Kedisiplinan | – |
Bullying adalah suatu penyakit yang merugikan orang lain. | Adab adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk memberi kebaikan pada seseorang. | Rasulullah SAW |
Menyakiti seseorang secara emosional | Sebagai norma sopan santun | Kepada sesama |
Kekerasan verbal dan nonverbal | Disiplin | Syekh Muhammad Akip Al Atas |
Tindakan ataupun perkataan yang membuat anak merasa tidak nyaman, tertekan dan menjadi minder | Adab adalah perilaku yang berlandaskan pada kedisiplinan dalam menerapkan nilai, norma dan aturan yang ada | Maaf lupa lagi.🙏 |
tindakan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang dengan tujuan untuk menyakiti, merendahkan, atau mendominasi orang lain. Bullying bisa dilakukan secara fisik, lisan, maupun cara lain yang lebih halus seperti memaksa atau memanipulasi. | Adab adalah pembiasaan dalam kedisiplinan (holistik meliputi akal, jiwa, jasad) bahagia memilih tindakan yang benar. | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Perundungan. Bisa dalam bentuk mengejek, mengolok2, mendzalimi dll | Disiplin antara pikiran, jiwa, dan akal | Syeikh Muhammad Nauqib Al atas |
Mengucilkan temannya sendiri dilingkungan sepermainanya baik dari segi fisik maupun mental | Memperbaiki sikap dan tingkah laku si anak dalam kehidupan sehari hari | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Perilaku yang mengintimidasi secara berulang atau terus menerus | Disiplin | Syeid Naquin Al Atas |
Tindakan berupa ucapan dan perbuatan yang tidak beradab kepada sesama | Disiplin dalam jiwa, pikiran dan raga/perbuatan | Syaikh nauqib Al athos |
Penyerangan secara fisik maupun mental | Displin | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Tindakan offensif yang merugikan pihak lain yang dilakukan secara berulang dan diabaikan oleh otoritas | Disiplin antara pikiran, jiwa, dan fisik | Syed Naquib al-Attas |
Perilaku negatif | Disiplin | Syed naquib al attas |
Perundungan kepada anak. Mencaci, menghina membuat anak tidak nyaman. | Suatu perubahan baik nilai2 norma positif | Syeikh Muhammad Naqib Alatas |
Perilaku merendahkan dan menyakiti orang lain | Perilaku | Syed muhammad naquib al-attas |
Perbuatan yang tidak memahami adab dalam bersosialisasi yang dilakukan secara sengaja dan berulang untuk tujuan menyakiti secara fisik maupun mental | Disiplin jiwa dan raga | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Bulliying adalah tindakan yang dilakukan berulang ulang baik itu melalui kata atau sikap pada seseorang hingga bisa menyakiti lawan | Adab menurut saya adalah pembiasaan | Syekh Nauqib al attas |
Perbuatan baik perkataan, perbuatan yang tidak menyenangkan kepada orang lain baik psikis maupun fisik | tegaknya kedisplinan akal, jiwa , dan jasad | Syed Muhammad Naquib al -Attas |
Sesuatu yg mampu membuat orang lain tersudutkan , baik berupa perbuatan, ucapan atau sikap . | Sesuatu atau perkara yang mampu membuat seseorang menjadi manusia yang lebih baik sesuai dengan kewajibannya sebagai hamba ALlah. Tercapainya muwashafat dalam kehdiupan | – |
Adalah perundungan | Tegaknya kedisiplinan akal jiwa dan jasad pada manusia. | Syeikh Muhammad Naquib Al-Attas |
Perlakuan buruk (verbal, nonverbal, sosial) terhadap orang lain yang dianggap lebih lemah secara berulang untuk mendapatkan kesenangan | Adab yang melahirkan kedisiplinan fisik, ruhiyah dan akal | Syed Naquib Al Attas |
Tindakan menyakiti perasaan ataupun fisik orang lain/teman. | Kemampuan menempatkan diri secara tepat di dalam hierarki keberadaan. | Syekh M. Naquib Al-Attas |
Perbuatan yang menyakiti baik fisik maupun ferbal | Adab adalah disiplin Otak, Fisik dan jiwa sesuai syariat | Muhammad Syaid Alalatos |
Perbuatan yang menyakiti & merendahkan orang lain. | Adab adalah wujud dari perilaku yang sesuai dengan nilai agama | Syaikh Al Attas |
ujaran yg merendahkan seseorang | Disiplinnya akal, jiwa & fisik dalam ketaatan kepada Allah | Muh Naqib al atthos |
Mengganggu secara fisik maupun verbal kepada orang lain | Disiplin akal, jiwa dan badan | Ust syed naquib Al Attas |
Perbuatan tercela yang menyakiti orang lain dgn perkataan dan perbuatan | Sopan dan baik | Lupa |
Bully perilaku negatif yang berdampak buruk ke pertemanan anak | Adab adalah tegaknya kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia. | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Paham | Bagaimana menyikapi semua sikap | Kepada murid Dan muadibah |
Bullying : tindakan menyakiti dengan sengaja orang lain dan terencana | Disiplinnya jasad, jiwa dan akal | Syekh Muhammad Naquib Al -Attas |
tindakan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang dengan tujuan untuk menyakiti, merendahkan, atau mendominasi orang lain dan bisa dilakukan secara fisik maupun verbal | Adab yg digunakan sekolah adab antara lain Disiplin Otak Fisik dan jiwa sesuai syariat Islam. | Kepada sanad Muhammad Syaid Alalatos |
Bullying yang saya pahami perlakuan baik perkataan atau perbuatan dari teman sekitar yang membuat anak tidak nyaman/ terluka hatinya. | Adab adalah akhlak sebagai pondasi menuntut ilmu | Syeh nakiq alatos |
Tindakan menindas untuk menyakiti dan menguasai orang lain biasanya dilakukan berulang | Disiplin dalam melakukan riayah terhadap ruh akal, dan jasad | Syekh Syed Muhammad Naqib Ak Attas |
Perbuatan yang mencela dengan menyakiti orang dgn perkataan dan perbuatan | Bersikap sopan, baik | Lupa |
Tindakan menyakiti merendahkan orang lain. | Disiplin antara akal hati dan fisik. | Syekh Naqib Al Attas |
Perundungan seseorang baik verbal, maupun fisik | Tegaknya disiplin jasad, jiwa dan raga | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Mengejek orang lain sendiri main bersama sama | Kedisplinan | Imam Syafi’i |
Aktifitas merendahkan, menyakiti orang lain dengan sadar | Disiplinnya pola pikir, jiwa dan raga | Muhammad Naqieb Al Atthos |
melakukan kekerasan fisik or verbal | tegaknya kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia | Muhammad Naqiub Al Attas |
Bentuk tindakan, ucapan, sikap kepada orang lain yang bersifat menyerang | Disiplin | Syed Naquib Al Atthas |
Perundungan bisa berupa fisik maupun verbal | Disiplin dalam segala hal | . |
Mengejek, menghina, menyakiti orang lain | Perubahan adab yg baik dari hari ke hari dan kedisiplinan | Murid, muaddib, wali murid |
Perlakuan mendominasi terhadap seseorang yg dilakukakan secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu | Disiplin | Attauri |
Perilaku negatif, tidak menyenangkan dan kekerasan baik verbal ataupun non verbal terhadap orang lain | Disiplin akal, jiwa, dan jasad | Syekh Muhammad Naquib Al-Attas |
Bullying adalah suatu perilaku yang membuat orang lain tidak nyaman | Disiplin terhadap jiwa, akal dan jasad | Syekh al Athos |
Sikap yg dilakukan seseorang terhadap oranglain yg tdk membuat nyaman orang lain/menyakitkan baik lisan maupun perbuatan | Mendawamkan sikap disiplin, memperhatikan Akhlaq, mengedepankan sikap percaya diri | Syed Naqwib Alatas |
Buyling adalah mengitimidasi orang lain | Adab menurut sekolah adab bukan hanya kesopanan tetapi tegaknya kedisiplinan akal jiwa dan jasad pada manusia | – |
Perundungan | Disiplin jiwa, akal dan raga | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Melakukan tindakan berulang ulang yang ditujukan ke orang yang lebih lemah | Disiplin akal, jiwa dan raga | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Tindakan fisik atau mental yg dilakukan utk melukai orang lain | Perilaku baik yg terbiasa dilakukan sehari hari dan menjadi kebiasan baik | Syeikh Al Atos |
Melakukan hal yg tidak baik terhadap orang lain, baik perkataan maupun perbuatan | Tata cara melakukan kebaikan | Imam syafi’i |
Bullying adalah perilaku yang dengan sengaja menekan orang yg lemah | Adab adalah disiplin dalam 3 unsur manusia yaitu,jiwa, jasad dan akal | Syekh Muhammad Naqib Al-Attas |
Perlakuan tidak menyenangkan seseorangvkepada orang lain | Pembiasaan positif tentang akhlak yang diberlakukan SAIM | Sanad nya kepada Rosulullah SAW |
kata, tindakan yang menekan, mengejek pada orang ttt | disiplin body, mind, n soul | Syaikh Naquib al-Attas |
Mengerti tp belum memahami dari perspektif lain | Mind soul dan body | Syeikh nakib alatas |
Perilaku kekerasan baik fisik maupun non-fisik yg dilakukan secara terus menerus, baik secara individu maupun secara kelompok | Disiplin | Syaikh naquib al-attas |
Perilaku atau perbuatan yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman dalam berinteraksi sosial | Bersikap ketika berinteraksi dengan masyarakat | Bersanad kepada |
Perlakuan tidak baik baik berupa verbal ataupun sikap | Pembentukan sikap melalui kemampuan olah pikir, olah hati dan jasad. | Syeikh al athas |
Bullying kekerasan fisik atwpun verbal | Adab dari segi akhlak | – |
tindakan menyakiti fisik atau mental yang dilakukan satu atau sekelompok orang kepada orang lain. | adab bukan hanya sekedar anak terlihat penurut dan baik tapi juga termasuk adab terhadap jasad, fikiran dan badan, sehingga adabnya integral tidak hanya kepada perilaku seolah penurut saja tp juga akal, otak, badan juga diberi haknya, sehingga anak tidak hanya terlihat penurut saja tp juga perlu pintar, cerdas baik ilmu agama maupun ilmu dunia dan juga sehat jasmani dan rohani. | Syed Muhammad Naquib Al-Attas |
Perbuatan yg dilakukan dgn maksud untuk menjatuhkan mental maupun fisik lawan dimana dilakukan scr berulang (bukan accidental) dan dgn target ttt | Adab disiplin amtara pikiran, badan dan hati shg tercermin dalam tingkah laku | Syaikh Latief Alatas |
Tindakan perundungan yang baik secara lisan maupun fisik yang dapat mengakibatkan dampak psikologis negatif pada korban | Adab adalah disiplin dalam akal, jiwa dan raga | Syaikh M Naquib al Atlas |
Perundungan, mendzolimi | Disiplin akal, hati dan jasad | Naqib Alatas |
tindakan yg dilakukan secara sengaja berulang-ulang dgn tujuan utk menyakiti,merendahkan atau mendominasi org lain | disiplin dalam 3 unsur akal jiwa dan jasad | Muhammad Naqib Al-Atas (92 thn) |
Sebuah ungkapan atau perbuatan yg bersiifat merendahkan atau melecehkan | Akhlaq | Syed naqwib alattas |
Menyerang pribadi teman lain baik dalam bentuk fisik maupun verbal. | Dicipline Mind and body Soul | Syeikh Muhammad Naquib Al Attas |
Mengejek, | Perilaku, akhlak | N/a |
Merendahkan, mengejek dan mendominasi orang lain secara berulang ulang | Aturan san Norma berdasrkan Al Quran dan Hadist | Alim Ulama, al quran dan hadist |
Tindakan yg agresif memaksakan kehendak kepada seseorang | Tegakknya disiplin aqal, ilmu dan jasad pada manusia | Syead Muhammad Naquib al attas |
bullying adalah perundungan baik secara fisik ataupun non fisik/ kata-kata kepada anak-anak | adab adalah kedisiplinan antara fikiran dan kegiatan anak | Rasulullah SAW |
Mengolok, melukai, memojokkan teman | Disiplin akal, jiwa dan jasad/raga. | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Perundungan | Discipline of mind, body, and soul | Naquib al attas |
Tindakan yang mengumpa/ mencela baik secara Verbal maupun non verbal | KeDisiplinan akal, Jiwa dan qalbu | Syeikh Naqib Alatas |
Bullying adalah tindakan mengejek, menyakiti, dengan sengaja, merendahkan orang lain, secara fisik atau lisan. | Disiplin jiwa, Akal, ruh, (body, mind, soul) sehingga manusia bisa bertindak dengan benar dan tepat sesuai kondisi | Syed Muhammad Naquib Al Attas. |
Tindakan yg menyakiti merendahkan dan mendominasi orang lain dan dilakukan berulang ulang | Adab ilmu amal | Syekh muhaammad naquib al attas |
Perbuatan menyakiti baik verbal maupun fisik | – | Syekh Muhammad Naqieb Alatas |
Tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk menyakiti seseorang, dapat secara fisik, verbal, atau mental. | Tegaknya kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Bullying adalah ucapan atau tindakan yg bertujuan untuk merendahkan atau mengejek anak/seseorang | Adab adalah kedisiplinan | Muhammad naqib al-latas |
Perbuatan tidak menyenangkan anak terhadap anak lain | Disiplin Mind Body and Soul | Dr. Syekh Naquib Al Attas |
Perlakuan yg tidak mengenakan,perlakuan fisik.atau ucapan | Ta’at | Al ban’na |
Prilaku mendzolimi, menyakiti dgn kata kata, sikap, perbuatan | Disiplin | Syaikh dari malaysia maaf lupa namanya |
Celaan | Disiplin dalam 3 unsur akal, jiwa, dan jasad .. | Syeikh Muhammad Naqib al-atas |
Bentuk sindiran atau mengejek kepada orang lain | Adab adalah karikatur / perilaku | Kepada Muadib / ah |
Bullying berupa celaan | Adab berupa disiplin akal ruh dan jasad | Syekh Muhammad Al Athas |
Perundungan.. perlakuan tidak wajar terhadap orang lain | Adab tegaknya kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Perlakuan yang tidak menyenangkan | Disiplin | Syed Muhammad naqib Al Attas |
Buliyying adalah keadaan dimana seseorang merendahkan orang lain dari segi fisik maupun psikis | Adab adalah keteladanan dan akhlakul karimah yang diambil berdasarkan al quran dan sunnah | Imam syafi’i |
segala tindakan atau ucapan yg menzholimi/merugikan orang lain disertai dgn niat | disiplin body, soul and mind | Syed Naquib Al Attosh |
Bullying adalah perilaku atau perkataan yang membuat seseorang tidak nyaman | Melakukan kebiasaan positif secara continue | Habib Alatas |
Berupa celaan terhadap anak yg lain | Disiplin akal ruh dan jasad | Syekh Muhammad AlAthas |
Perbuatan yg merendahkan orang lain baik secara verbal atau fisik | Mampu menempat kan diri secara tepat dalam lingkungan | Khalifatun fill ardhi |
Bullying adalah pelecehan baik yg dilakukan secara fisik maupun mental. | Adab adalah disiplin akal, jasad dan jiwa | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Perilaku perundungan/cacian/hinaan/dsb dal bentuk verbal maupun non verbal | perilaku baik sesuai al quran dan sunnah | Syed Muhammad Naquib Al Atas |
Sikap merendahkan, menyakiti, dsb secara verbal maupun fisik kepada orang lain | Kedisiplinan akal jiwa dan fisik | Muhammad naquib al attas |
Perundungan | mengambil inspirasi dari keilmuan Syed Muhammad Naquib al-Attas, bahwa Adab adalah tegaknya kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia. Sehingga, murid selalu memilih the right action (tindakan yang benar) sebagai manusia yang baik (a good man), bukan sekedar warga negara yang baik (a good citizen). | mengambil inspirasi dari keilmuan Syed Muhammad Naquib al-Attas, bahwa Adab adalah tegaknya kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia. Sehingga, murid selalu memilih the right action (tindakan yang benar) sebagai manusia yang baik (a good man), bukan sekedar warga negara yang baik (a good citizen). |
Merendahkan martabat manusia | Disiplin dalam pikiran, hati dan fisik | Naquibb al attas |
Kekerasan baik secara verbal maupun non verbal yang dilakukan seseorang kepada orang lain baik disengaja maupun tidak disengaja. | Keharmonisan antara pikiran, hati, dan tingkah laku. | Muhammad syed naquib al attas |
Melakukan tindakan kekerasan baik verbal maupun nor verbal kepada seseorang yg lemah secara berulang. | Kedisiplinan | Syed Muhammad Naquib Alatas |
Tindakan atau ucapan yg tidak menyenangkan bahkan mengganggu orang lain, dan akibatkan fatal psikis seseorang jika tidak ditindaklanjuti dalam jangka panjang. Tidak hanya meminta si korban untuk bersabar, namun si pembully harus ditindak, ditegur, dibuat jera agar tidak menjadi pembenaran pribadi atas tindakan n ucapan lisan maupun tulisan dilakukan bertahun-tahun, dari kelas 1, 2, sampai sekarang kelas 3. Dengan bekerjasama dan terus terang dengan pihak orang tua bersangkutan. 1 pembully yang korban 1 kelas, diminta sabar bertahun-tahun. Pembully ditindak apa? Padahal perbaikan dari rumah sangat efektif. Ucapan orang tua sangat efektif ke anak. Jangan sampai ortu taunya dia baik seperti di rumah, padahal kenyataannya tidak seperti itu. Anak tersebut bebas menulis dan berucap menyakiti temannya setiap hari, diketahui atau tidak oleh guru kelas. Sebagai contoh, orang Jepang meneliti air, yg didengarkan ayat Al Quran, molekul air menjadi bentuk kristal yg Indah. Sebaliknya jika didengarkan kalimat buruk, menjadi jelek sekali. Bagaimana dengan hati anak yg terus menerus mendapat ucapan buruk baik ucapan maupun tulisan kata2 buruk, mau jadi apa anak kami ke depannya? Dengan bersabar, apakah selesai permasalahan? Apa harus Kami menunggu sampai kelas 6? Hingga lulus. Dengan kelakukan anak tersebut yg mengganggu 1 kelas? Kami ingin tahu, tindakan atau usaha apa yg sudah pihak guru / sekolah dalam menangani anak tersebut? Terima kasih. Sekedar sharing. Mohon maaf jika ada kata yg tidak berkenan. | Disiplin akal, ruh, jasad. | Khalid asy syantut. Afwan lupa |
menyakiti baik verbal dan fisik | adab adalah norma dan aturan berdasarkan keislaman | syed muhammad nuqaib al attas |
Tindakan merugikan, menyakiti orang lain dg sengaja dan berulang-ulang kepada orang lain | Disiplin jiwa, jasad, dan akal | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Adanya perilaku yang dominan, ketika seseorang berkuasa atas orang lain | egaknya kedisiplinan akal, jiwa, dan jasad pada manusia | mengambil inspirasi dari keilmuan Syed Muhammad Naquib al-Attas, bahwa Adab adalah tegaknya kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia. Sehingga, murid selalu memilih the right action (tindakan yang benar) sebagai manusia yang baik (a good man), bukan sekedar warga negara yang baik (a good citizen). |
Perundungan, pelecehan, penghinaan martabat seseorang | Ketika bicara adab antara Orang Tua dan Anak, banyak yang hanya fokus pada bagaimana adab anak kepada orang tuanya. Padahal, tegaknya adab anak kepada orang tua adalah buat keteladanan adab orang tua kepada anaknya. Imam al-Ghazzali termasuk yang sangat memperhatikan dalam hal ini, sehingga memasukkanya dalam karyanya yang berjudul Al-Adab fi ad-Din (Adab dalam Beragama) | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Mebuly sesama teman yg membuat anak minder | Adab adalah suatu tindakan yg dilakukan secara spontan yg sudah terbentuk / menjadi kebiasaan yg selaras dengan Tata krama ataupun tindakan mulia | Sanadnya kepada Guru yg Al Athos Maysia kepda para Salafusoleh yg akhirnya kepada Rosullulloh |
Perilaku perundungan, yg dilakukan oleh seseorang/sekelompok orang thd orang lain yg dinilai punya kekurangan/kelemahan tertentu | Perilaku, tingkah laku, seseorang dlm keseharian thd sesama | Ust Naqib Al Atas |
Tindakan yang tidak menyenangkan bertujuan buruk , dilakukan olehbpernorangan kelompok secara terus menerus | Disiplin akal jiwa dan raga | Syeikh Naquib Al Attas |
Sebagai perilaku atau tindakan yg sengaja dan berulang utk menyakiti | Kedisiplinan jiwa serta akal | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Perkataan,perbuatan yang tidak menyenangkan/ mencederai/melukai psikis/ fisik yg dilakukan seseorang terhadap objek/orang lain | Adab adalah disiplin | Rasulullah SAW |
Kekerasan, menyakiti baik secara fisik, ucapan | Disiplin akal, fisik dan ruhiyah | Muhammad Al Attas |
Prilaku kekerasaan baik fisik maupun verbal yang dilakukan secara berulang ulang oleh seorang atau kelompok terhadap orang yang dianggapnya lemah. | Penghargaan terhadap ilmu, kesadaran dan rasa tanggung jawab, Beriman, berakhlak dan berkarakter mulia. | Muadib, muadibah dan Rosululloh |
Segala sesuatu atau setiap tindakan/aksi yg bertujuan untuk merendahkan, menghina baik secara verbal maupun secara fisik | Disiplin antara akal jasad dan jiwa | Syed Muhammad Nasib al Attasp |
bullying adalah merundung/mengejek/meremehkan orang lain secara sengaja atau bisa disebut prilaku agresif yang berulang dan memiliki tujuan menyakiti merendahkan atau mendominasi orang lain secara emosional fisik atau mental | perantara/media/ sarana dan prasarana ataupun jembatan bagi seorang anak dalam menerapkan adab | syeh nasib al attas |
Segala bentuk penindasan dan kekerasan yang di lakukan dengan sengaja | Aturan mengenai sopan santun atas dasar agama | Menghubungkan murid Kepada muaddib dan muaddibah hingga ke rasulullah |
Perilaku agresif yg berulang , disengaja yg bertujuan menyakiti, merendahkan org lain secara fisik, atau mentalnya | Memaknai akal, jasad, dan jiwa berdasarkan Al-Qur’ān dan sunnah Nabi | Kepada para muhadid dan muhadibah dan para siswa |
Insyaallah | Adab adalah disiplin antara akal jasad dan jiwa | Syekh Mohammad Naquib al-Attas |
Insyaallah | Disiplin antara akal, jasad dan jiwa | Syekh Mohammad Naquib al-Attas |
tindakan kekerasan yang dilakukan secara sengaja oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menyakiti orang lain yang lebih lemah. | Disiplin antara jiwa dan jasad | Syeh Muhammad Naquib Al Atas |
Insyaallah… | Disiplin antara akal, adab dan jiwa | Syekh Mohammad Naquib Al attas |
Tindakan yang dilakukan seseorang akibat kurangnya pemahaman mengenai pengendalian emosi sehingga ada kepuasan dalam diri setelah menyakiti orang lain | Adab adalah kedisiplinan akal, jiwa dan jasad pada manusia | – |
Tindakan kekerasan fisik/verbal yang sengaja dilakukan untuk menyakiti atau mengancam orang lain | Disiplin antara jiwa, akal dan jasad | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Bullying adalah prilaku yang berulang dan disengaja yang memiliki tujuan untuk menyakiti | Adab adalah proses dalam melaksanakan pendidikan | Syekh Muhammad Naquin Al Attas |
Penghinaan kekurangn seseorang | Agar anak belajar sopan santun trhdp lingkungn | Anak dan orangtua |
Suatu tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun verbal | Adab adalah disiplin dalam akal, jiwa, dan jasad | Syed M. Naquib al-Attas |
Sebuah tindakan merendahakan seseorang | Disiplin antara akal, jasad dan jiwa | Syed Muhammad Naquib Al-attas |
Mengejek atau merndahkan | Disiplin akal ,jasad dan jiwa | Al Atas |
Bullying adalah tindakan mencemooh, menyakiti, mjiwenganggap orang lain jelek, buruk, bodoh, rendah, dsb.. baik dengan ucapan maupun perbuatan | Adab adalah displin dalam akal, jasad, dan jiwa | Syaikh Muhammad Naqib Al Atas |
Adanya pemukulan..perkataan mengejek | Kesopanan ,keramahan,dan kehalusan Budi pekerti | Syeh Muhammad Naquib Al Attas |
Mengejek, memukul atau menyakiti fisik | “Adab sekolah adab” adalah konsep pendidikan yang mengutamakan nilai-nilai adab atau etika sebagai inti dari proses pembelajaran. Dalam konteks ini, adab mengacu pada perilaku yang mencerminkan rasa hormat, tanggung jawab, kesopanan, dan integritas. Sekolah yang berfokus pada adab tidak hanya mengajarkan mata pelajaran akademik, tetapi juga menanamkan etika dalam kehidupan sehari-hari siswa. Makna dari “adab sekolah adab” meliputi beberapa hal berikut: 1. Pendidikan Karakter: Menanamkan nilai-nilai baik seperti kesopanan, jujur, dan disiplin agar siswa tumbuh menjadi individu yang berkarakter. 2. Penghormatan terhadap Guru dan Teman: Mengajarkan siswa untuk selalu menghormati guru, staf sekolah, dan teman sebaya, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar. 3. Kedisiplinan: Menghargai waktu, aturan, dan tanggung jawab, baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. 4. Integrasi Nilai Agama atau Budaya: Menggabungkan ajaran agama atau budaya dalam kehidupan sekolah, sehingga siswa mendapatkan pendidikan yang menyeluruh, bukan hanya dari segi akademik. 5. Lingkungan Belajar yang Positif: Menciptakan suasana sekolah yang nyaman dan aman bagi siswa untuk belajar dan berkembang dengan baik. Sekolah yang mengutamakan adab berharap menghasilkan siswa yang cerdas secara intelektual sekaligus berakhlak baik dan berkontribusi positif dalam masyarakat. | dari generasi ke generasi melalui guru-guru yang memiliki pemahaman mendalam tentang adab itu sendiri. Sanad berarti rantai yang menyambungkan seseorang ke sumber ilmu asli, dalam hal ini mencakup guru-guru yang berakhlak baik, yang menyampaikan nilai-nilai dan prinsip adab secara otentik. |
Sesuatu tindakan verbal atau nonverbal yg bersifat merendahkan, menghina, dan hal negatif pada seseorang anak yg dapat berdampak dapat psikis sang anak. | Adab adalah olah fikir, jiwa dan raga | Naquib alatas |
Tindakan tidak menyenangkan secara verbal maupun fisik | kemuliaan akal, fisik dan jiwa | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Penghinaan, pelecehan, dan merendahkan orang lain karna faktor status sosial | Disiplin antara akal, jasad dan jiwa | Dr. Nasib al attas |
Perundungan yaitu Mengolok olok, mengejek mengucilkan, mengintimidasi anak secara terus menerus | Kemampuan menempatkan diri di dalam hirarki kehidupan | Syed Muhammad Naquib al-Attas |
Tindakan yg bisa menyakiti seseorang | Selaras antara akal jiwa jasad dalam kebaikan | Naqib al atas |
Meresahkan orang sekitar, merugikan orang sekitar. | Aturan mengenai sopan santun yg didasarkan atas aturan agama | Imam Ibnu mubarok |
Tindakan yg dilakukan untuk merendahkan, menyakiti orang lain secara berulang2 | Disiplin antara pikiran dan amal | Naqib Al Atas |
Perlakuan perundungan yang bisa menyebabkan tekanan mental dan psikis dari orang yang terkena perundungan | Keseimbangan antara jasad, akal, dan jiwa | Syed Muhammad Naquib Al Attas |
Tindakan agresif dan tidak menyenangkan dari satu pihak ke pihak yang lain, baik sesekali maupun berulang, baik secara mental, fisik, finansial atau lainnya. | Kedisiplinan dalam jiwa, pikiran dan perilaku seseorang | Prof. Muh. Naqieb Al Attas |
Kegiatan yang di lakukan secara sengaja dan berulang-ulang dengan tujuan untuk menyakiti, merendahkan dan menghina seseorang | Adab adalah disiplin antara akal, jasad dan jiwa | Syed Muhammad Naquib al Attas |
Prilaku yg tdk baik tindakan agresif yg dipakukan secara sengaja untuk menyakiti fisik ataupun mental oranglain | Adab adalah disiplin mind, soul &body | Prof Naqeeb Al Attas |
Part 02:
Pertanyaan ini bertujuan untuk mengajak berpikir Wali Murid untuk menemukan hal positif dari mitra strategis dalam pendidikan anak, SekolahAdab.ID.
Pertanyaan 04: Apakah budaya positif yang dikembangkan SekolahAdab.ID yang seharusnya juga ada di setiap sekolah di Indonesia? | Pertanyaan 05: Apakah metode efektif yang digunakan SekolahAdab.ID yang berkontribusi positif bagi pertumbuhan baik ada dari Ananda? |
Evaluasi harian terhadap murid muridnya | kegiatan harian Mutaba’ah Yaumiyah, mengajarkan anak untuk disiplin dan mendekatkan diri kepada Alloh |
Materi tentang Adab, Kegiatan Qawiyyul Jism, Salamatus Sadr, Tadabbur Quran | Alhamdulillah Positif |
Kedisiplinan holistik | Disiplin |
Adab Iman, Islam, kesahatan jasad dan jiwa, Perilaku sesuai Alquran dan sunnah serta anti Bulliying | Alhamdulillah membawa pengaruh positif |
Shalamatuh shadr | Cukup positif |
Berolahraga setiap pagi , bersama Quran setiap pagi , salam dan zero waste | berolahraga setiap pagi membuat ananda cepat berfikir, sehat dan aktif |
Berolahraga setiap hari, memulai aktifitas di pagi hari, no gadget for kids | Alhamdulillah iya |
Budaya Beradab | Disiplin |
harus | menanamkan adab yaumiyah islami dan pemahaman quran berbasis tadabur |
Mengedepankan adab dan akhlak sebelum menuntut ilmu | Melibatkan orang tua dalam pendidikan anak |
Ya | Ya |
Olahraga setiap pagi | Ceklist harian |
Ya | Sangat efektif |
Belajar di pagi hari | Belajar dipagi hari dan ceklis harian |
Menerapkan adab islami dalam keseharian | Anak lebih disiplin |
Budaya tadabbur | Iya |
Sebelum kegiatan belajar mengajar selesai ada mekanisme saling memaafkan di kelas setiap harinya | Olahraga, Tadabbur |
Budaya monitoring perkembangan anak rutin dgn org tua melalui yaumiyah | Metode Salamatussodr |
Budaya mendapat berkah pagi (tidak tidur setelah sholat Shubuh) | mengisi TDR per pekan sangat membantu orang tua dan anak dalam proses mempersiapkan review materi dari sekolah sehingga orang tua ikut aktif dalam pendampingan keseharian anak. |
Tidak membawa masalah sekolah ke rumah | Tauladan dan pembiasaan |
Harusnya karena sangat bagus | Sangat efektif |
Hubungan sekolah dengan orangtua dalam mendidik | Null |
Olah raga setiap hari | Anak sehat jasmani rohani |
Menyelesaikan setiap masalah yang ada di sekolah, sehingga tidak dibawa ke rumah. Dan berlapang dada dengan keadaan orang lain di sekitar, tidak baperan. | Pelatihan sejak dini dan pembiasaan |
Budaya habis subuh tidak tidur lagi sesuai dengan sunnah untuk mendapatkan keberkahan dan rahmat, olah raga pagi tiap hari | Mengisi TDR per 2 pekan sangat membantu orangtua dan anak dalam mempersiapkan dan review materi, orangtua ikut aktif dalam pendampingan keseharian anak |
Mulai masuk sekolah jam 6 pagi. MasyaAllah banyak keberkahan di pagi hari. Selain jalanan juga tidak penuh, pikiran dan jiwa lebih tenang di pagi hari. di perjalanan tidak crowded berbarengan dengan yg mau berangkat kerja | 1. Melalui percontohan dan penanaman adab dari hal2 kecil. Misal salam dan sapa sopan santun, adab ketika dalam majelis, adab mau tidur. 2. Metode menghafal dan mentadabburi Al Qur’an dari mulai kelas kecil |
mengembangkan kurikulum kreatif yang telah mencakup amanat dasar Pendidikan Nasional | bertujuan melahirkan pribadi yang bermental pebisnis di usia 20 tahun, meneladani sosok Rasulullah SAW. Murid dibiasakan dengan program kreatifitas kemandirian |
Fokus terhadap pengadaban, menyeimbangkan kurikulum Jiwa, Akal, dan Jasad | Implementasi adab dalam keseharian |
Disiplin dalam segala hal, mulai dari beraktivitas diawal waktu sampai mengerjakan sesuatu dengan mutqin | Beraktivitas pada pagi hari, berolahraga setiap hari dan pemberian materinkepada orang tua setiap bulannya |
– menegakkan quran – berpikir nalariah | – Belajar dengan metode tematik – menyeimbangkan fisik dan mental anak dgn merutinkan pelajaran olahraga |
Amal yang berbasis ilmu | Pendisiplinan dalam ilmu dan amal |
Salamatus shadr | Sahibul quran |
Adab terhadap Allah , agama,Lingkungan dan orang tua | Melibatkan orang tua dan orangtua hadir dalam sekolah parenting |
Zikir pagi dan zikir sore serta tilawah | Rutinitas/pengulangan yang dilakukan setiap hari |
salamatushadr | metode mempelajari Al-Qur’an dengan taddabur |
Datang pagi dan guru wajib briefing pagi. Serta murojaah setiap hari | Alhamdulillah untuk saya sangat efektif |
Kedatangan yg lebih awal dbanding sekolah lain, memperhatikan kegiatan fisik/olahraga | Membangun kebiasaan meraih keberkahan pagi, kebiasaan berolah raga dan kegiatan motorik kasar, |
Disiplin, Jujur, Profesiona | Insya ALlah dimulai dr jam 6 pagi, mendapatkan berkah pagi |
Membangun manusia beradab berbasis ilmu. | Pengadaan dan pendidikan berbasis Al Qur’an |
Salamatus shadr, class meeting dengan menggabungkan beberapa angkatan dalam 1 kelompok, taakhi, home visit guru ke rumah, observasi psikolog dan psikotes, ceklis harian, daurah al qur’an, JAS, JKQ, pentas maulid | Ceklis harian, taakhi, JAS, JKQ, pentas maulid, class meeting, salamatush shadr, observasi psikolog dan psikotes, home visit |
Salamatusshadr setiap sebelum pulang sekolah. | Memulai sekolah di pagi hari, berdoa dan berolahraga di pagi hari. |
Pengadaban | Ceklis harian |
Masuk sekolah jam 06:00, anak terbiasa bangun pagi & shalat subuh ke masjid | Somehow metode pengajaran yang digunakan Ustadz Siddiq membuat ananda lancar menghafal Al Quran & nyaman dalam proses belajar. Mungkin bisa diadaptasi metode yang sama pada muadib / muadibah yang lain. |
Terjalin hubungan antara sekolah, anak & ortu dalam pembelajaran | Suatu adab dihafalkan & dilakukan sehingga masuk dalam pikiran & tindakan |
Pendidikan iman sebelum ada, adab sebelum ilmu, ilmu sebelum amal | Pendidikan adab |
Ya | Ada |
Melakukan tugas anak untuk tetap menambahkan hapalan | Adab diterapkan dalam kurikulum pelajaran |
Dapat membangun insan sesama Muslim | Membangun adab |
Membiasakan salamatussadr .. mengevaluasi tentang kegiatan sekolah setiap hari | Pembiasaan adab dari mulai masuk sekolah sampai pulang,. Bahkan anak sy terbiasa murojaah di setiap kegiatan. Mulutnya terbiasa mengulang apa yg diajarkan di sekolah.. baik itu hanya mengulang 10 muwashofat atau murojaah hafalan nya .. |
Yg dikembangkan yaitu peradaban | Yaitu ceklis harian dan home visit guru |
Adab sebelum amal | Metode pendidikan nabi |
Budaya salamatus shadr dan disiplin dalam waktu | Disiplin bangun pagi |
Lupa | Ada |
Sinergi antara sekolah dan rumah & skenario penyelesaian masalah antara sekolah dan rumah. | Poin poin adab yang dihafalkan oleh anak sehingga sewaktu-waktu dapat menjadi pengingat ketika lalai. |
Masuk sekolah pagi sehingga disiplin untuk anak murid | Murojaah dan ziyadah jama’i |
Adabzikit | Zikir pagi |
Evaluasi harian untuk murid murid | Kegiatan harian Mutaba’ah Yaumiyah, mendidik anak untuk disiplin dan mendekatkan diri kepada Alloh swt |
salam setiap bertemu dan dtg jam 06.00 | tugas harian yg diberikan |
Cek list belajar di rumah dan TDR | Pendidikan yang melibatkan peran semua pihak, muaddib, murid dan orang tua |
Tidak boleh main gadget | Semangat bangun subuh |
Iya seperti adab yg baik, ilmu dan amal | Alhamdulillah sejauh ini baik |
Olahraga setiap hari | Aktif di pagi hari, dekat dengan alqur’an |
Kedekatan guru dengan murid | Jumlah murid tiap kelas yg hanya 12 org |
Disiplin waktu dalam mendidik murid | Kedisiplinan, adab berteman dan menghargai guru, motivasi yang mendalam utk menjadi ahli qur’an. |
Kebiasaan aktifitas dipagi hari krn keberkahan terdapat dipagi hari Berdoa selalu memperhatikan adab²nya | Semangat untuk pergi ke sekolah ingin selalu datang lebih awal |
Membangun adab sebelum ilmu disetiap siswa | Metode belajar alquran sebelum dimulai pembelajaran |
Terkaid adab, Iman, Ilmu, amal | Check list harian |
Adab, olahraga tiap hari, sekolah di awal pagi | Ceklist harian |
Pengadaban | Penerapan adab, membaca buku, disiplin waktu |
Membaca al matsurat, membaca al quran ketika di sekolah, mengajarkan adab kepada anak-anak | Orang tua ikut berperan dalam mendidik anak di skolah |
Mendahulukan adab sebelum ilmu | Ya |
Masuk dan belajar pagi hari, tidak tidur setelah subuh | Teladan, Contoh baik |
iman – Adab – ilmu – amal | Tadabbur dan islamisasi sains |
Masuk jam 6 | Masih menerima masukan dari pihak lain |
Salimatusshadr | Penerapan disiplin waktu |
Tidak ada gadget Disiplin waktu Mendahulukan adab | Mengadakan taakhi Memulai pelajaran di waktu yang pagi Selalu ada kegiatan olahraga tiap hari |
Adanya ujian lisan | Jam masuk yang tidak tsrlalu lama jaraknya dari waktu subuh. Ujian lisan yang mereview kembali untuk menggali pemahaman anak saat belajar. |
Mengajak yg lain untuk mengilmui sebelum melakukan sebuah amal. | Kedisiplinan |
penerapan adab yang integral, tidak setengah-setengah. ini penting banget ada di setiap sekolah | komunikasi yang baik antara sekolah dan orang tua |
Berfikiran luas, terbuka, disiplin, sehat jasmani dan rohani, memiliki jiwa pengusaha muslim | Alhamdulillah |
Menerapkan pembatasan pada gadget, menekankan pembelajaran adab sebelum ilmu | Metode tadabbur, olahraga rutin setiap hari, serta metode tematik dalam pembelajaran |
Mendahulukan ilmu sebelum amalpe | Pembangun adab |
disiplin sekolah pagi masuk jam 6 di mana pagi hari waktu yg sangat baik buat belajar dan menghapal alquran | disiplin waktu |
Kedisiplinan.. Penanaman nilai2 adab yg cukup konsisen | Penanaman kedisiplinan dan teladan yg baik |
Masuk sekolah lebih pagi dari sekolah lain | Mutabaah harian dan adanya laporan TDR. |
Iya | Tanggungjawab terhadap checklist harian |
Mengutamakan pengembangan aklak berbasis Al Quran dan Hadist | Setoran Hafalan Al Quran selain di rumah dan juga di rumah |
1. Masuk pagi jam 06:00 sehingga anak setelah subuh sdh bersiap berangkat sekolah 2. Pelajaran dikaitkan dengan Al Quran | Disiplin dalam menulis buku harian dan membaca sehingga anak terbiasa dengan narasi2. |
pengembangan adab sesuai dengan umur dan perkembangan anak | metode hafalan ak quran dan pembiasaan adab di sekolah |
Disiplin | Disiplin dan metode pengadaban |
Positif | Alhamdulillah |
No Gadget | Tadib di Rumah bersama Orang Tua melalui lembar TDR |
Saling bekerjasama sekolah Dan wali murid, mulai sekolah di pagi hari, membjasakan olahraga setiap hari, membiasakan evaluasi dan supervisi setiap hari | Dialog dan nasihat yang memotivasi untuk berpikir dan mencari solusi |
Budaya peradaban | Adab Beribadah Adab bersosialisasi Dan adab adab yg lainnya |
Olahraga setiap hari, shohibul quran, sholamatusshadr, qoilullah dll | – |
Masuk sekolah jam 6, salamatussadhr setiap hari, menghafal 30juz, ayah wajib hadir disetiap Sarat | Masuk sekolah jam 6, salamatussadhr sehingga anak tidak memendam cerita/kegundahan hati, menghafal 30juz, ceklis harian, dsb |
Budaya mulai sekolah pagi, olahraga tiap hari, murojaah tiap hari | Murojaah dan ziyadah bersama |
Islamisasi Sains | Shahibul Quran |
Mendahulukan adab,soalnya banyak sekang,siswa siswi yg kurang beradab k gurunya.taat | Mrngjarkan adab lebih awal. |
Harus ada | Masuk di waktu pagi hari dan takzim pada guru serta tdk membebani dgn pelajaran yg tdk efektif bagi anak usia dini |
Masuk jam 06.00 | Disiplin waktu |
Tidak adanya bullying | Dengan mengikuti Tatag tertib yg ada diSAIM |
Pendidikan adab | Methode penanaman adab dalam setiap aspek |
mengembangkan kurikulum berbasis adab yang bersifat holistik | mendapatkan nutrisi adab dari seluruh agenda dan terkondisikan dengan ekosistem yang dibangun, termasuk internalisasi 22 Adab Harian. |
Adab iman ilmu amal | Semangat bangun pagi |
Iya, menjadi percontohan bagi sekolah lain | Alhamdulillah sangat berdampak pada ananda dan kami sekeluarga |
jam masuk sekolah pagi, olah raga tiap hari, jam Al Quran tiap hari | evaluasi yaumiah dengan penguatan dr muaddib, olah raga |
Masuk awal pagi | Murajaah |
Penanaman adab disetiap aspek | Methode penanaman adab dalam setiap aspek |
Tajuk orang tuaq | – |
Kesimbangan antara disiplin akal, jiwa dan jasad | Penanaman disiplin masuk jam 6 sehingga tepat waktu |
belajar sejak pagi, salamatussadr, sarat | belajar sejak pagi, saru kelas terbatas 11 anak |
Target Quran, masuk pagi, entrepreneur, memilah sampah, dll | Internalisasi adab harian |
kurikulum kreatif yang telah mencakup amanat dasar Pendidikan Nasional dan dikembangkan lebih holistik melahirkan Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab dalam pandangan hidup Islam (The Worldview of Islam). | kurikulum berbasis adab yang bersifat holistik sehingga murid mendapatkan nutrisi adab dari seluruh agenda dan terkondisikan dengan ekosistem yang dibangun, termasuk internalisasi 22 Adab Harian. |
Bersama Alquran, menegakkan adab | Qurani |
Disiplin belajar, mendahului ilmu bukan perasaan, sesuai dengan syariat dan normal positif yang berlaku. | Ada kerjasama antara ananda, orang tua dan sekolah. |
Berangkat jam 6. | Semangat untuk menuntut ilmu |
Mengamalkan hadist : Berkata Baik atau Dian. Berkata Baik adalah sedekah. Berlisan baik, ucapan maupun tulisan. Allah Melihatku, Allah bersamaku, Allah menyaksikanku. | Olahraga setiap hari. Doa tadabbur, menghafal, dll |
adab | mengembangkan kurikulum kreatif yang mencakup amanat dasar pend nasional |
Ta’dib kepada guru, orang tua, disiplin masuk sekolah lebih pagi | Alhmdulillah |
budaya taddabur dan islamisasi sains | metode pembentukan karakter siswa menjadi “a good man” atau “insan salih” yang berakhlak mulia, berintegritas, dan bermanfaat bagi masyarakat. |
Masuk sekolah pkl 6 pagi sehingga membiasakan anak tidak tidur lagi setelah shalat Subuh | Ihtirom kepada orangtua dan sudah terbiasa tidak tidur lagi sehabis shalat Subuh |
Kebiasaan 13 yg harus di punyai oleh srkolah Adab | membiasakan setiap hari apa yg di ajarkan di sekolah untuk di terapkan di rumah dengan pengawasan Orang tua |
Salam thd orang lain, kawan, ortu, lawan jenis dll. Penerapan kemandirian thd anak2 | Pendampingan lgsg dari Para muaddib/ah, dlmngrup kecil, seringa perkembangan setiap anak kekurangan dan kelebihannya lbh tetpantau |
Pembiasaan kegiatan disiplin seorang muslim dan muslimah, disekolah lah juga dirumah | Dari ananda saya ikut belajar bagaimana disiplin mengisi keseharian sebagai muslimah dgn sllu membersamai Al Qur’an dimana pun berada |
Dialog tentang iman,sains dan tadabbur yg di aplikasikan melalui pengisian lembar ta’dib di rumah. | Adanya ceklis harian di rumah menjadikan Ananda mudah tetbiasa melakukan amalan yaumiyah. |
Adab sebelum ilmu | Contoh teladan, |
Penanaman adab yang diaplikasikan tidak hanya sekedar materi. | Rekayasa pendidikan atau pengadaan antara orangtua dan guru, Budaya salamatus sadr |
Nilai2 moral, kesadaran & tanggung jawab, penghargaan terhadapan ilmu, rasa hormat dan beraakhlak dan berkarakter mulia. | Disiplin, Sopan santun, rasa hormat, spiritual dan bertanggung jawab. |
Memulai aktivitas dari sebelum subuh | Kurikulum berbasis adab yg bersifat holistik sehingga murid mendapatkan nutrisi adab dari seluruh agenda pembelajaran |
mengutamakan adab yg menjadi landasan dasar bagi setiap murid | pendekatan dan kerjasama antara muadib disekolah dan orang tua |
Menanamkan nilai nilai, etika, sopan santun dan kebiasaan positif | Membentuk akhlak yg karimah, sopan santun dan bertanggung jawab |
Melaksanakan amalan² yg bersumberkan Alquran dansunnah Nabi | Metode pembelajaran disertai dengan pengamalan berdasarkan Alquran dan sunnah Nabi |
Jam masuk sekolah jam 6 pagi | Mengapreasi proses bukan hasil |
Sekolah masuk jam 6 pagi | Mengapresiasi proses bukan hasil |
Mengintegrasikan pemahaman Islam dalam pelajaran | Orangtua menjadi patner dalam menjalankanbkonsep kurikulum adab |
Jam masuk sekolah jam 6 pagi | Mengapreasi proses bukan hasil. |
Sekolah lebih pagi dan Zikir pagi | Adanya wiqayah an nufus |
mendahulukan adab sebelum ilmu | Ya |
Saling menyayangi,tertib dan mempunyai sifat toleransi | Membentuk kemampuan motorik,kemampuan sosial dan emosional |
Budaya saling peduli sesama teman dn menghargai | Membatasi penggunaan hp pd anak2 |
Sebaiknya dan seharusnya ada | Memanfaatkan waktu pagi untuk masuk sekolah demi mencari keberkahan, penerapan penguatan jasad dengan olahraga setiap hari, pembelajaran tematik yang melatih akal, kepanduan untuk melatih jiwa anak dalam kemandirian, serta pemberian mutabaah sebagai evaluasi diri |
Bangun sebelum adzan subuh | Bangun sebelum subuh dan tidak tidur setelah sholat subuh. |
Belajar Lbh awal | Metode belajar menyadari Alqur’an an |
Budaya mengedepankan adab dan pemberian tugas amalan harian | Budaya membawa bekal/kudapan sehat.. budaya capaian mutabaah harian lainnya seperti tidur siang, makan bersama keluarga, mandi sebelum subuh. Semuanya berkontribusi pada pertumbuhan fisik. Sementara ibadah harian yang dipantau semuanya berkontribusi pada pertumbuhan iman. |
Positif | InshaAllah ada sesi positifnya |
4. Pembiasaan Adab dalam Kehidupan Sehari-hari: Siswa dibiasakan untuk berperilaku baik dalam semua aspek kehidupan sekolah, seperti menyapa guru dan teman dengan sopan, berpakaian rapi, dan menjaga lingkungan. Adab dalam keseharian menjadi dasar utama dalam interaksi di sekolah. | SekolahAdab.menggunakan pendekatan yang memprioritaskan adab sebelum ilmu. Dalam praktiknya, setiap kegiatan belajar dimulai dengan mengingatkan siswa akan pentingnya sikap dan perilaku baik, seperti menghormati guru, mendengarkan dengan baik, dan bersikap jujur. Dengan demikian, nilai-nilai adab menjadi pondasi awal bagi pembelajaran akademik. 2. Pendekatan Keteladanan (Uswah): Guru dan staf di SekolahAdab menjalankan peran sebagai contoh (uswah hasanah) bagi siswa. Para guru menunjukkan sikap dan perilaku yang baik di dalam dan di luar kelas, sehingga siswa secara langsung melihat dan belajar dari keteladanan tersebut. |
Memulai sekolah di waktu pagi | Metode yg sesuai dgn kurikulum adab menurut islam |
beradab, berilmu, beramal | pengadaban dengan alquran |
Keteladanan dalam pengadaan dan juga kerjasama yang aktif antara pihak sekolah dan juga orang tua dirumah, serta komitmen orang tua untuk sama sama belajar dan memahami visi misi sekolah adab. | Pendekatan dan juga komunikasi serta kolaborasi berbagai pihak khususnya muaddib di sekolah dan muaddib dirumah |
Salamatus shadr | Membiasakan mulai aktifitas produktif dr pagi hari,beribadah dengan baik dan juga interaksi dengan Alquran secara terus menerus pada anak dan juga berdampak pada orangtuanya. |
Bergegas di pagi, merutinkan olahraga | Bertanggung jawab dengan urusan diri sndri |
Menghormati yang lebih tua dan sayang kepada yang lebih muda. | Sopan |
Melatih adab sebelum ilmu dan amal | Pembiasaan dan teladan dalam kebaikan |
Pembumian nilai² adab sebelum ilmu dan amal | Ya, ada |
Berangkat sekolah lebih pagi, tidak jajan / membawa bekal makanan sehat, murid melaksanakan qailulah, salamatush shodr di akhir kelas, dll. | Memberlakukan wiqoyah untuk monitoring ibadah dan adab di rumah, menerapkan kurikulum berbasis Al Qur’an sebagai pondasi kehidupan berikutnya. |
1. Evaluasi setiap hari sehingga semua problem, prestasi, kebaikan atau program terbatas setiap hari 2. Masuk pukul 06.00 dengan mengambil berkah di pagi hari 3. Menggunakan Kurikulum Merdeka yang sesungguhnya dengan kurikulum dan sistem yang teruji 4. Menjadikan guru sebagai pejuang pendidikan bukan sebagai karyawan 5. Menjadikan miaddib dan wali murid sebagai Mitra 6. Ada kajian bulanan wajib bagi wali murid sebagai sarana menambah kapasitas sebagai muaddib dirumah 7. Iklim saling terbuka anatara muaddib dan wali murid 9.Adabya program salamatushshadr setiap hari bagi murid dan murid-murid, sehingga pulang ke rumah dalam keadaan dan kondisi lapang hati 10. Buku yang menjadi pelajaran murid-murid di sekolah, di buat oleh praktisi sekolah Arab, jadi SAIM tidak tergantung dengan buku2 terbitan lain 11. Murid-murid selalu di arahkan untuk selalu bahagia dalam melakukan segala kegiatan muali dari pagi sampai pagi kembali 12. Adanya kajian muaddib sepekan sekali 13. Dan masih banyak lagi | Adanya program ibadah harian untuk penjagaan jiwa murid-murid,adanya reward n funishmen,adanya penugasan adab agar wali murid terlibat |
Anak bs lebih Disiplin, bisa lebih memahami Alquran dengan baik. | Alhamdulillah iya |
Semoga Allah SWT memudahkan semua langkah Wali Murid untuk menjadi Orang Tua terbaik bagi anak-anaknya, juga menjadi pasangan keluarga yang harmonis, sakinah, mawaddah, rahmah dan dakwah.
Institut Adab Insan Mulia
▫️ Web: AdabInsanMulia.org
▫️ Telegram: t.me/sekolahadab
▫️ FB: facebook.com/adabinsanmulia
▫️ IG: instagram.com/adabinsanmulia
▫️ Twitter: twitter.com/adabinsanmulia
▫️ YouTube: www.youtube.com/AdabTVOnline
▫️ WA: https://chat.whatsapp.com/LELTACMjFab7bZm5igQoCB
Admin: wa.me/6287726541098