Pesan Adab Untuk Keluarga

Pesan ke-05: Jadikan Ilmu Tertanam Dalam Hati

Serial Pesan Pengadaban

Oleh: Dr. Wido Supraha, M.Si. (SekolahAdab.Com)

Telah bersabda, Rasulullah ﷺ sebagaimana riwayat Ibn Abi Syaibah no. 35502:

 الْعِلْم عِلْمَانِ عِلْمٌ فِي الْقَلْبِ فَذَلِكَ الْعِلْمُ النَّافِعُ وَعِلْمٌ عَلَى اللِّسَانِ فَذَلِكَ حُجَّةُ اللهِ عَلَى خَلْقِهِ

Ilmu ada 2 (dua) macam: 1) Ilmu yang tertanam di dalam hati, itulah ilmu yang bermanfaat; 2) Ilmu yang hanya di lisan, itulah ilmu yang akan menjadi hujjah yang memberatkan hamba.

Pesan Nabi Muhammad ﷺ di atas memberikan arahan kepada kaum muslimin untuk mempersiapkan hati agar dapat ditanami ilmu. Hati yang bersih (qalbun salim) akan menjadi ladang terbaik bersemainya ilmu sehingga melahirkan kemanfaatan bagi diri dan lingkungannya. Menuntut ilmu dengan demikian berorientasi pada amal yang bermanfaat.

Pesan di atas sekaligus mengingatkan kepada kaum muslimin untuk tidak sekedar bahagia dengan ilmu yang baru sekedar memenuhi akal sehingga terlihat menawan di lisan, namun ternyata ilmu itu tidak sampai ke dalam jiwa yang mendorong seorang hamba untuk beramal shalih menuju kemanfaatan bagi diri dan lingkungannya.

Di satu sisi, waspadalah jika manusia malas menuntut ilmu, namun di sisi lain waspadalah jika manusia enggan mengamalkan ilmu yang dimiliki. Tidak ada jalan lain kecuali terus bersemangat menuntut ilmu, menghayati untuk memahaminya, dan berdo’a agar dimudahkan untuk mengamalkan ilmu di atas kepahaman.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button