Pesan Adab Untuk Keluarga

Pesan ke-08: Adab adalah Pemberian Terbaik Kepada Ananda

Serial Pesan Pengadaban

Oleh: Dr. Wido Supraha, M.Si. (SekolahAdab.Com)

Secara jelas, agama menasihati orang tua untuk memuliakan anak-anaknya dan secara bersungguh-sungguh memperbaiki perilaku dan akhlak mereka, sebagaimana riwayat Ibn Majah no. 3661 Kitab Adab:

أَكْرِمُوا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوا أَدَبَهُمْ

Muliakanlah anak-anakmu dan perbaikilah perilaku mereka.

Tentunya memperbaiki perilaku bukanlah pekerjaan semalam, melainkan pekerjaan yang membutuhkan kesabaran. Metodenya melalui langkah-langkah apa yang disebut oleh al-Munawi dalam Faidh al-Qadir Syarh al-Jami’ ash-Shaghir min Ahadits al-Basyir al-Nadzir, Juz II, hlm. 90, dengan mengajarkan mereka dengan latihan jiwa dan akhlak yang baik (bin an tu’allimuhum riyadhat an-nafs wa mahasin al-akhlaq).

Tentunya latihan pendidikan adab ini menggabungkan didikan, teguran, peringatan, bahkan jika dibutuhkan dengan pukulan dengan adab memukul yang terbaik, semata-mata agar jiwa anak selalu berada dalam kebaikan dan terbiasa menjauhi keburukan.

Membiarkan anak-anak tidak mendapatkan haknya mendapatkan perbaikan perilaku dari orang tuanya adalah wujud tidak memuliakan mereka. Mari Ayah dan Bunda, kita mulai pemuliaan mereka bersama ilmu dan adab.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button