Institut AIMSekolah Adab Untuk Sekolah

Studi Banding dari Yayasan NICE Bogor

Sekolah Adab Untuk Sekolah

Senin (21/05/2024), SekolahAdab.ID menerima kunjungan studi banding dari Yayasan Naba Islamic Centre Education (NICE) yang berlokadi di Bogor. Rombongan hadir sejak pukul 05.30 WIB, diterima langsung oleh Pembina Yayasan Adab Insan Mulia, Dr. Wido Supraha, M.Si. Dikarenakan keterbatasan tempat, rombongan yang hadir pagi ini hanya 12 orang.

Hadir mewakili Yayasan NICE Bogor:

  1. Sandi Okta Anugraha (Pembina)
  2. Ma’mun, S.Pd.I. (Pengawas)
  3. Solihin, S.Th.I. (Ketua)
  4. Andini Safitri, S.P. (Bendahara)
  5. Risma Aulia Yasmin, SM. (Sekretaris)
  6. Erly Mulfias Yuli, S.S., M.Hum. (Direktur Akademik)
  7. Patmawaty, SP. (Direktur Operasional)
  8. Muhamad Juandi, S.Pd. (Kepala Sekolah SMA Islam Andalusia)
  9. Supriatna, S.Pd.I. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Ibadah & Al-Qur’an)
  10. Nur Atikah Khairun Nisa, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum/Mengajar Mapel Matematika)
  11. Shafwatun Nawa, S.Hum. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan)
  12. Hanifah Dwi Cahya Putri, S.Psi. (BK)

Dalam kunjungan setengah hari ini, Pembina Yayasan Adab Insan Mulia menyampaikan beberapa desain dan instrumen dasar dalam pengembangan SekolahAdab.ID, khususnya prinsip-prinsip penting yang dapat diadopsi dalam tingkat SMA. Selanjutnya, Kepala Sekolah juga menyampaikan SOP dan ekosistem yang dibangun selama ini dalam pengembangan adab. Dari studi banding ini, berikut masukan dan komitmen dari peserta studi banding:

Apakah yang perlu disempurnakan dari Sekolah Adab? Apakah hal menarik yang bisa ‘segera’ diterapkan di lingkungan Yayasan NICE Bogor?
Apakah hal menarik yang bisa diterapkan di lingkungan Yayasan NICE Bogor dalam waktu ‘jangka menengah’?
Dari segi kurikulum, Sekolah Adab memiliki keunggulan dan perbedaan dari lembaga pendidikan lain. Hanya dari segi sarana dan prasarana saja mungkin yang perlu ditingkatkan, seperti ruang terbuka hijau untuk aktivitas outdoor. Lalu lintas kendaraan di luar gedung sekolah cukup mengganggu. Penanaman nilai-nilai adab Islami yang dilaksanakan secara terprogram dan terukur untuk seluruh stakeholder sekolah.
Penerapan kurikulum sekolah Adab di level pendidikan pra sekolah dan sekolah dasar.
Karena ini hal baru yang saya pelajari, jd saya belum bisa memberikan masukkan🙏 masyallah ilmu-ilmu yang dpt dipelajari dr sekolah adab, semoga Andalusia juga bisa membangun ekosistem insan yang beradab. Membuat SOP guru dalam mengajar, sehingga terbentuk budaya sekolah yg beradab, guru-guru yg beradab serta murid-murid yang beradab pula
Membangun budaya sekolah, sehingga tercipta ekosistem yang beradab
Sejauh ini, dalam implementasi kurikulum adab, Sekolah Adab masih yang terbaik dan patut untuk ditiru. 1) Menerapkan “How To” pada proses pengadaban murid dan guru pendidik. 2) Mengkaji dan menyesuaikan antara target profil yang diharapkan dengan program yang akan dilaksanakan. 3) Terus belajar dan menimba ilmu/update pengetahuan baik dari sekolah adab dan lainnya mengenai hal-hal yang dapat diimplementasikan pada SMAI Andalusia yang sesuai dengan capaian profil yg diharapkan. 4) Mengadakan pelatihan manajemen dan direksi dengan Ustadz Wido sebagai pembimbing penerapan kurikulum Adab di SMAI Andalusia.
1) Seluruh pendidik SMAI Andalusia mengikuti SAGU. 2) Mengadakan pertemuan untuk review penerapan kurikulum adab di SMAI Andalusia bersama ust Wido.
Masya Allah sekali sudah diperkenankan untuk belajar langsung dengan Ust. Wido Melakukan workshop dengan para guru untuk menyamakan persepsi satu sama lain.
Membangun ekosistem yang menjadikan sekolah sebagai tempat yang dipercaya oleh orang tua untuk berkolaborasi mendidik anak.
Wallahu a’lam. Saya menilai sekolah adab sudah sangat sempurna :”) Pengenalan SOP adab terutama untuk guru. Apalagi NICE adalah yayasan baru dan Andalusia juga sekolah baru. Setting awal yang cukup ketat sepertinya harus diterapkan.
Evaluasi harian murid & guru.
Program yang telah terlaksana berjalan dengan baik, dapat di monitoring dan di evaluasi secara baik. Kedepannya pengamalan adab ini tentunya bisa berlaku untuk masyarakat sekitar, sehingga manfaat sekolah ini bisa dirasakan di lingkungan sekolah Melakukan program martikulasi adab untuk guru SMAI Andalusia
Peserta didik sudah memiliki adab dasar dalam beribadah dan berilmu

.

Tindak lanjut dari pertemuan ini, Yayasan Adab Insan Mulia akan membantu Yayasa NICE dalam memulai pengembangan pendidikan tingka SMA dengan memberikan pendampingan pada dasar-dasar penting dalam adab. Semoga Allah SWT memudahkan semua langkah pendidik yang fokus dalam melakukan transformasi gerakan pendidikan mereka berbasis adab.

Institut Adab Insan Mulia

▫️ Web: AdabInsanMulia.org
▫️ Telegram: t.me/sekolahadab
▫️ FB: facebook.com/adabinsanmulia
▫️ IG: instagram.com/adabinsanmulia
▫️ Twitter: twitter.com/adabinsanmulia
▫️ YouTube: www.youtube.com/AdabTVOnline
▫️ WA: https://chat.whatsapp.com/LELTACMjFab7bZm5igQoCB

Admin: wa.me/6287726541098

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button