BeritaJKQ

PERALATAN
JUMLAH PESERTA
INFORMASI

Ayah dan bunda mari kita luangkan waktu liburan sekolah dan liburan tahunan untuk mengajak putra dan putri menikmati keindahan dan berinteraksi dengan Alam, banyak hal yang kita bisa lakukan dalam kebersamaan kita dengan keluarga melalui aktivitas di alam terbuka.

Alam menyediakan banyak hal yang dapat menambah khasanah berfikir anak mengenai betapa Indah dan besar nya ciptaan Allah, mulai dari udara yang sejuk, pegunungan yang menjulang tinggi, hamparan rumput yang luas, pepohonan yang rindang serta hewan-hewan yang jarang ditemui di perkotaan.

Kegiatan di alam terbuka antara lain adalah berkemah yang sudah kita ketahui bersama bisa melatih kemandirian dan kedewasaan anak dalam situasi keterbatasan dan jauh dari fasilitas nyaman di rumah. Berkemah bersama keluarga bisa menjadi pilihan aktivitas rutin untuk menyegarkan dan menanamkan nilai-nilai tanggungjawab, keteguhan, kemandirian, keperdulian dan karakter pemberani seorang anak. Hal ini ditambah dengan suasana lokasi perkemahan yang memiliki udara yang segar dan suasana yang sunyi membuat keluarga lebih fokus dalam berinteraksi satu sama lain.

Jambore Keluarga Qur’an, adalah kegiatan perkemahan yang diikuti oleh para keluarga Muslim dengan tujuan liburan, tadabbur alam dan sekaigus melatih kekompakan kerjasama antar keluarga, serta bersama-sama menikmati ibadah dibawah naungan langit yang luas dan iklim pegunungan yang sejuk.

Waktu dan Tempat

6 – 7 Januari 2018

Di Bumi Perkemahan Taman Golf Cibodas, Puncak, Bogor

(sebelah kebun raya Cibodas/Mandalawangi camping ground)

Link GPS menuju lokasi:

Peta Lokasi

Cara menuju lokasi:

Mobil Pribadi    : Keluar tol gadog (jagorawi)– Cisarua – lanjut ke arah cipanas ( cianjur ) – Puncak pas/mesjid ata’un terus lurus sekitar 5 km – daerah cimacan / pom bensin yang ada di sebelah kanan jalan – terus jalan lagi sekitar 1 km – ada per 3 an belok ke kanan – masuk ke jl Kebun raya cibodas – tinggal lurus sekitar 3 Km – masuk gerbang kawasan wisata Cibodas – samping pintu masuk kebun raya cibodas ada jalan menuju Bumi Perkemahan Mandalawangi

Dari Stasiun Depok : naik Commuter line turun di Stasiun Bogor, naik Angkot 03 ke arah Baranang Siang, naik ELF jurusan cianjur turun di pertigaan CIbodas, naik Angkot kuning menuju kawasan wisata Cibodas/Mandalawangi, hubungi panitia Insya Allah akan di jemput.

Dari Terminal Depok : Dari Terminal Depok naik bis Depok-Sukabumi turun di perempatan Tol Ciawi – naik bis jurusan Cianjur / Bandung via Puncak / Garut via Puncak / Tasik via Puncak / elf jurusan Cianjur turun di pertigaan Kebun Raya Cibodas – naik angkot kuning Cipanas-Rarahan-Cibodas turun di Kebun Raya Cibodas, hubungi panitia Insya Allah akan di jemput.

Dari Terminal Kp.Rambutan: naik bis jurusan Cianjur / Bandung via Puncak / Garut via Puncak / Tasik via Puncak turun di pertigaan Kebun Raya Cibodas- Disana naik angkot kuning Cipanas-Rarahan-Cibodas turun di Kebun Raya Cibodas

Fasilitas di Lokasi:

• Lokasi camping yang nyaman dan luas
  • Parkir kendaraan 24 Jam
  • Aula / Tenda pleton untuk acara indoor
  • Toilet dan kamar mandi
  • Listrik untuk alat elektronik dan penerangan

Rundown Acara:

<iframe src=”https://docs.google.com/spreadsheets/d/e/2PACX-1vRp9h9HECINQ0wgykiTg8-7mCxwqAztR8lSi-dOvvcD06VGA4bIiYzNTbLxPwLq9w-qEfe6G9jiLiwW/pubhtml?gid=0&amp;single=true&amp;widget=true&amp;headers=false”></iframe>

Sabtu, 6 Januari 2018 Ahad, 7 Januari 2018
03.00 – 03.30 Persiapan pemberangkatan 02.30 – 03.00 Persiapan Qiyāmullail
03.30 – 07.00 Perjalanan menuju lokasi 03.00 – 04.30 Qiyāmullail, Imam Ustad Adibus Sholeh
07.00 – 08.00 Sarapan + Placing tenda masing-2 04.30 – 05.00 Subuh Berjamaah & Al-M’atsurat Pagi
08.00 – 09.00 Ma’rifatul Maidān (Pengenalan Wilayah) 05.00 – 06.00 Materi 3: Wido Supraha, Metode Pendidikan Al-Qur’an (anak-anak bermain di lapangan)
09.00 – 09.30 Pembukaan Jambore Keluarga Quran 06.00 – 07.00 Riyadhah Bersama / Senam Pagi
09.30 – 10.30 Ta’aruf Keluarga 07.00 – 07.30 Sarapan Pagi diatas daun pisang
10.30 – 12.00 Materi 1 : Menghafal Surat At-Tahrīm bersama-sama dalam grup-grup (ikhwan dan akhwat terpisah, anak-anak bermain games) 07.30 – 11.00 Wisata Keluarga, Waterfall Tracking

air terjun cibogo dan ciismun didalam area kebun raya cibodas, panitia menyediakan shuttle car didalam area kebun raya menuju lokasi terdekat

12.00 – 13.00 Shalat Jama’ & Makan Siang 11.00 – 13.00 Sholat & Makan Siang
13.00 – 15.00 Materi 2 : Wido Supraha, Adab Berinteraksi dg Al-Qur’an (anak-anak bermain dan mendengarkan dongeng di corner kids) 13.00 – 13.30 Penutupan Jambore Keluarga Quran dan Tukar Kado
15.00 – 17.30 Team Building Games for Family (semua keluarga), bonus latihan beladiri praktis untuk keluarga 13.30 – Pulang ke Rumah masing-masing
17.30 – 18.00 Bersih diri
18.00 – 19.30 Shalat Magrib&Isya Jama’, kultum, Al Ma’tsurat Petang & Makan Malam
19.30 – 21.30 Nonton Film Bersama dan Dongeng

4. Jaket (non jeans)
  5. Jas Hujan / payung
  6. kaos 2 pcs
  7. Celana panjang 2 pcs (non jeans)
  8. Senter
  14. Perlengkapan mandi
  15. Perlengkapan Bayi & anak
  16. Obat-obatan pribadi
  17. Sleeping bag (bagi yang punya)
  18. Lampu portable baterai untuk penerangan di dalam tenda

*Barang kado adalah peralatan dapur/rumah tangga dengan nominal Rp20.000,-, dibungkus dengan kain koran. Jumlah kado 1 kado/KK